Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad 9 Resmi Dirilis, Bawa Fitur Populer dari iPad Pro

Kompas.com - 15/09/2021, 07:17 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam acara peluncuran "California Streaming" yang digelar secara virtual Rabu (15/9/2021) dini hari WIB, Apple turut memperkenalkan lini iPad terbaru, salah satunya iPad 10,2 inci generasi ke-9 (2021).

"Hari ini kami meluncurkan generasi iPad terbaru, mulai dari lini populer iPad yang memberikan pengalaman menggunakan iPad, namun, dibanderol dengan harga terjangkau," kata CEO Apple, Tim Cook dalam peluncuran.

iPad 10,2 inci generasi ke-9 kini ditenagai dengan chip A13 Bionic yang mentenagai jajaran iPhone 11.

Kehadiran "otak" terbaru ini memungkinkan perangkat memiliki peningkatan performa 20 persen lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Selain itu, kamera selfie di iPad generasi terbaru itu kini ditingkatkan menjadi 12 MP dengan lensa ultrawide dengan bidang pandang 122 derajat.

Menariknya, kamera tersebut kini dibekali dengan fitur populer yang diperkenalkan di jajaran iPad Pro, yaitu Center Stage.

Baca juga: iPad Mini 6 Resmi, Layar Lebih Lebar dan Dilengkapi USB Tipe C

Ilustrasi fitur Center Stage di iPad generasi terbaru.Apple Ilustrasi fitur Center Stage di iPad generasi terbaru.
"Center Stage bisa mendeteksi obyek manusia secara otomatis, dan mengarahkan tampilan video ke orang tersebut agar bisa tampil di tengah layar," jelas Senior Manager iPad Product Design Apple, Melody Kuna di kesempatan yang sama.

Fitur ini mendukung aplikasi Facetime, Zoom, Blue Jeans, dan Webex. Video yang direkam menggunakan Center Stage juga bisa diunduh ke aplikasi populer lainnya macam Double Take, Explain Everything, hingga TikTok.

Tablet entry-level terbaru Apple ini juga dibekali dengan satu kamera belakang beresolusi 8 MP, serta sistem operasi (OS) terbaru iPadOS 15. Dengan OS tersebut, pengguna bisa menikmati beragam fitur yang dirancang untuk tablet.

Ilustrasi Apple iPad 2021Apple Ilustrasi Apple iPad 2021
Di antaranya seperti Widget yang bisa menampilkan beragam informasi dari berbagai aplikasi, kontrol mengatur kegiatan multitasking dengan mudah, serta Quick Notes untuk mencatat beragam informasi dengan cepat.

Baca juga: Apple Perkenalkan iPadOS 15, Bawa Fitur dari iOS 14

Sama seperti tablet Apple lainnya, perangkat ini juga bisa dipasangkan dengan beragam aksesori tambahan, seperti Apple Pencil generasi pertama, Smart Keyboard, dan lain sebagainya.

iPad 10,2 inci hadir dalam varian warna Space Gray dan Silver dan tersedia dalam model LTE dan WiFi.

Harganya dipatok di angka termurah 329 dolar AS (sekitar Rp 4,6 juta), serta 299 dolar AS (sekitar Rp 4,2 juta) untuk segmen Education.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com