Xiaomi Disebut Bisa Sensor Informasi yang Dicari Pengguna Mi 10T

Kompas.com - 24/09/2021, 06:41 WIB
Ilustrasi logo Xiaomi di antara dua ponsel Redmi GizmochinaIlustrasi logo Xiaomi di antara dua ponsel Redmi

KOMPAS.com - Eropa menjadi salah satu pasar Xiaomi untuk memasarkan ponsel flagship buatannya. Namun, eksistensi Xiaomi di Eropa agak sedikit terancam setelah mendapat sorotan dari pemerintah Lithuania.

Menteri Pertahanan Lithuania menyebut bahwa ponsel Xiaomi memiliki kemampuan bawaan untuk menyensor informasi.

Dilaporkan Reuters, pemerintah Lithuania menyontohkan beberapa istilah yang disensor, yakni "Free Tibet", "Long live Taiwan Independence", atau "gerakan demokrasi".

Pusat Keamanan Siber Nasional Kementerian Pertahanan Lithuania mengatakan sebenarnya kemampuan sensor di software salah satu ponsel flagship Xiaomi, yakni Mi 10T 5G telah dimatikan.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap serta Harga Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro di Indonesia

Akan tetapi kemampuan itu bisa diaktifkan oleh Xiaomi dari jarak jauh kapan pun. Ponsel ini juga dipasarkan di Indonesia pada Desember 2020 lalu.

Lebih detail lagi, dalam laporan disebutkan bahwa beberapa aplikasi pre-instal di Mi 10T 5G termasuk Mi Browser, terkadang menerima daftar keyword pencarian yang diblokir oleh pabrikan ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilaporkan Android Authority, daftar blokir tersebut diduga diberi nama "MiAdBlocklist". Kemampuan itu disebut diterapkan pada beberapa aplikasi, seperti Cleaner, penginstal paket, dan Security.

Dari sini muncul dugaan bahwa daftar blokir lebih berkaitan dengan sistem iklan di Xiaomi daripada sistem komunikasi.

Laporan itu juga menyinggung soal data yang dikumpulkan oleh Mi Browser dan pengiriman SMS terenkripsi dari perangkat pengguna saat melakukan registrasi ke penyimpanan awan Xiaomi. Data terenksipsi itu disebut dikirim Xiaomi ke server yang berlokasi di Singapura.

Menurut badan keamanan siber Lithuania, hal ini berisiko menimbulkan kebocoran data pribadi karena tidak ada cara untuk mengetahui apa yang dikirim dalam data terenrkipsi itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.