Alasan Oppo A16 RAM 4 GB Hadir Belakangan di Indonesia

Kompas.com - 25/09/2021, 15:58 WIB
Oppo A16 varian 4 GB/64 GB. Oppo A16Oppo A16 varian 4 GB/64 GB.

KOMPAS.com - Saat pertama kali diluncurkan pada Juli lalu, ponsel Oppo A16 hanya dijual dalam satu varian memori saja, yaitu RAM 3 GB dan penyimpanan media 32 GB seharga Rp 2 juta.

Berselang kurang lebih dua bulan, tepatnya pada 23 September, Oppo kembali merilis ponsel Oppo A16 di Indonesia dengan varian memori berbeda, yaitu RAM 4 GB dan penyimpanan media 64 GB. Banderol harga Oppo 16 varian baru ini adalah Rp 2,5 juta.

Apakah kehadiran A16 versi RAM 4 GB yang terpaut lebih dari dua bulan ini ada kaitannya dengan kelangkaan chip yang tengah melanda dunia?

Baca juga: Oppo A16 RAM 4 GB Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Menjawab pertanyaan ini, PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto menegaskan bahwa perilisan Oppo A16 versi 4/64 GB yang dilakukan belakangan tidak ada kaitannya dengan faktor kendala pasokan komponen.

Alih-alih karena faktor kendala pasokan komponen, Aryo mengungkapkan, perilisan Oppo A16 versi RAM 4 GB yang dilakukan belakangan justru dilatarbelakangi oleh kinerja penjualan Oppo A16 versi 3/32 GB.

Sejak diluncurkan pada Juli lalu, kata Aryo, Oppo A16 versi 3/32GB di Tanah Air mencatat angka penjualan yang cenderung terus naik secara konstan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Penjualan yang tergolong baik ini membuat kami berpikir untuk segera merilis A16 4GB /64 GB di Indonesia," kata Aryo melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Jumat (25/9/2021).

Di samping itu, waktu peluncurkan dan pemasaran Oppo A16 versi RAM 4 GB ini di Indonesia juga disebut sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh perusahaan sejak awal.

"Jatah Indonesia untuk meluncurkan perangkat ini ada di 23 September kemarin, yang kebetulan juga permintaan A16 sedang bagus dan konsumen menginginkan perangkat A16 dengan spesifikasi yang lebih tinggi," tambah dia.

Kelangkaan chip global diketahui berdampak pada sejumlah pabrikan smartphone. Xiaomi, misalnya, berhenti menjual ponsel Redmi Note 10 di Indonesia karena masalah tersebut. Sementara, Samsung juga tak merilis seri Galaxy Note tahun ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.