Kompas.com - Diperbarui 28/10/2021, 09:27 WIB
iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max AppleiPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max

KOMPAS.com - Jajaran iPhone 13 bakal bisa dipesan (pre-order) di Indonesia mulai 12 November 2021, melalui reseller resmi di Indonesia, yakni iBox dan Digimap.

Sebagai suksesor dari lini iPhone 12, iPhone 13 dibekali dengan fitur baru dan peningkatan spesifikasi. Misalnya chipset Apple A15 Bionic yang diklaim lebih cepat, fitur Cinematic Mode untuk video, hingga poni (notch) yang lebih kecil.

Meski demikian, tak sedikit pula yang menilai bahwa peningkatan dan fitur baru pada iPhone 13 ini tidak membawa perubahan yang besar dan inovatif. Sehingga, pemilik iPhone 12 dan iPhone 11 kemungkinan tak masalah bila tidak upgrade ke iPhone 13.

Baca juga: Resmi, Ini Tanggal Pre-order iPhone 13 di Indonesia

Meski iPhone 13 baru dirilis, bocoran soal iPhone 14 malah sudah mencuat di ruang maya. Bahkan, bocoran iPhone 14 yang beredar ini membuat pemilik iPhone menunda untuk upgrade ke iPhone 13 terbaru, dan memilih menunggu iPhone 14.

Seperti yang dilakukan oleh editor di outlet media TomsGuide, Roland Moore-Colyer, misalnya.

Tampilan gambar render 3D ponsel yang diduga iPhone 14.FrontPageTech Tampilan gambar render 3D ponsel yang diduga iPhone 14.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, sejumlah bocoran yang beredar menyebut iPhone 14 memang akan membawa lebih banyak perubahan.

Seperti informasi yang dibagikan analis Ming-Chi Kuo dan pembocor produk Apple kenamaan, Jon Prosser dari FrontPageTech, Apple diyakini tengah mempersiapkan lini iPhone 14 yang membawa perubahan besar-besaran pada desainnya.

Baca juga: Drop Test iPhone 13 Pro Max Vs Samsung Galaxy S21 Ultra, Mana yang Lebih Tangguh?

Keduanya menyebut Apple akan melakukan perombakan untuk sejumlah bagian seperti notch, modul kamera belakang, hingga fitur Face ID.

Di lini iPhone 13 terbaru, Apple telah memperkecil notch atau poni yang ada di layar. Di lini iPhone 14 nanti, notch tersebut konon akan digantikan dengan punch hole atau lubang kecil seperti yang banyak digunakan di ponsel Android saat ini.

Rumor iPhone 14 lain yang kemungkinan membuat pemilik iPhone tak terburu-buru beralih ke iPhone 13 ialah soal penggunaan layar dengan refresh rate 120 Hz.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.