Ini Alasan Posisi Kamera iPhone 13 Berubah Menjadi Diagonal

Kompas.com - 17/09/2021, 16:01 WIB
iPhone 12 dan iPhone 13 Tomsguide.comiPhone 12 dan iPhone 13
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pekan ini, Apple telah meresmikan jajaran ponsel iPhone 13 terbaru. Dua di antaranya, iPhone 13 dan iPhone 13 Mini, merupakan model penerus dari iPhone 12 dan iPhone 12 Mini sebelumnya.

iPhone 13 dan iPhone  13 Mini memiliki ukuran poni (notch) yang diklaim 20 persen lebih ramping dari produk terdahulu. Selain itu, susunan dua kamera belakangnya diubah, tidak lagi segaris secara vertikal, melainkan diposisikan secara diagonal.

Baca juga: Perbandingan Poni iPhone 13 dengan iPhone 12, Benarkah Lebih Kecil?

Menurut informasi yang dihimpun KompasTekno dari The Next Web, Jumat (17/9/2021), ada dua alasan mengapa penempatan lensa kamera belakang iPhone 13 diubah. Pertama karena teknis, lalu alasan kedua adalah strategi pemasaran.

Alasan teknis penempatan lensa kamera iPhone 13 secara diagonal

Slah satu fitur menarik yang hadir di iPhone 13 adalah teknologi Sensor-shift OIS yang disematkan di kamera utama (wide).

Teknologi yang sebelumnya diterapkan di iPhone 12 Pro Max ini menggerakkan sensor kamera untuk menstabilkan perekaman gambar. Sensor-shift OIS diklaim lebih efektif meredam goyangan dibanding OIS konvensional yang mengandalkan gerakan lensa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat peluncuran lini iPhone 13, cara kerja Sensor-shift OIS ini sempat dijabarkan oleh Apple secara singkat. Melalui video yang dipamerkan, terlihat jelas bahwa, modul Sensor-shift OIS itu memiliki ukuran yang lumayan besar.

Cara kerja Sensor-shift OIS di kamera iPhone 13The Next Web Cara kerja Sensor-shift OIS di kamera iPhone 13
Karena alasan itulah jarak antara kamera utama dengan satu kamera lainnya harus terpaut jauh dan disusun secara diagonal.

"Kami (Apple) merancang arsitektur terbaru serta mengubah lensa 45 derajat agar penempatannya sesuai dengan dua kamera belakang ini," ujar Apple, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Glitched Online, Jumat (17/9/2021).

Sebab, jika ditempatkan secara vertikal, maka modul Sensor-shift OIS tidak akan muat dan otomatis juga akan mempengaruhi pergerakkan sensor tersebut.

Baca juga: Membandingkan Kamera iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

"Kami (Apple) memberi ruang lebih untuk penempatan Sensor-shift OIS. Kami juga melengkapi kamera ponsel dengan sensor Ultra Wide yang lebih cepat," lanjut Apple

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.