Google Meet Uji Coba Fitur Transkrip Terjemahan ke Beberapa Bahasa

Kompas.com - 29/09/2021, 14:04 WIB
Ilustrasi Google Meet mashable.comIlustrasi Google Meet

KOMPAS.com - Google Meet menjadi salah satu platform konferensi video yang poluer di tengah pandemi. Google pun menambahkan lebih banyak fitur untuk memudahkan penggunanya.

Salah satu fitur yang sedang diuji coba saat ini adalah transkrip terjemahan bahasa Inggris ke beberapa bahasa. Suara lisan berbahasa Inggris akan ditampilkan dalam bentuk teks di layar, seperti subtitle di film.

Kemudian, transkrip teks itu bisa diterjemahkan ke beberapa bahasa, seperti Spanyol, Perancis, Portugis, dan Jerman.

Baca juga: Hasil Terjemahan Percakapan di Google Translate Kini Bisa Disimpan

Dengan adanya fitur transkrip terjemahan, pengguna Google Meet dihaapkan akan lebih mudah melakukan percakapan virtual.

Google mengatakan dukungan bahasa lain akan segera diwujudkan di masa mendatang.

"Transkrip terjemahan langsung membantu peserta video call berkomunikasi lebih baik dengan menerjemahkan bahasa yang ditutukan ke dalam transkrip bahasa lain," jelas Google dalam blog resminya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan membantu pengguna memahami konten dalam bahasa yang lebih dipilih, pengguna bisa membantu menyamakan informasi yang dibagikan, pembelajaran, dan kolaborasi, serta memastikan rapat seefektif mungkin," imbuh Google.

Fitur ini diharapkan bisa membantu perusahaan global untuk mengikutsertakan seluruh karyawannya untuk pertemuan dan program training bersama-sama, yang artinya semua peserta berkesempatan mendapatkan hasil maksimal.

Baca juga: Zoom Akan Punya Penerjemah Bahasa Real Time

Tidak hanya untuk bisnis, fitur ini juga akan membantu anak-anak berkomunikasi dengan guru atau dosen mereka dengan bahasa yang berbeda, sehingga pembelajaran online akan lebih efektif.

Saat ini, fitur transkrip terjemahan ini masih dalam uji coba beta dan baru tersedia bagi beberapa penggguna Google Workspace Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Plus, dan Teaching & Learning Upgrade, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Tech Radar, Rabu (29/9/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.