Developer Indonesia Rilis Game Android Bertema Kesehatan Mental

Kompas.com - 13/10/2021, 09:06 WIB
Ilustrasi game The Sun Shines Over Us. IGNIlustrasi game The Sun Shines Over Us.

KOMPAS.com - Bersama dengan Niji Games, pengembang game indie asal Indonesia, Eternal Dream Studio, telah merilis sebuah game mobile berjudul The Sun Shines Over Us.

Game dengan nama lain "Menggapai Matahari" ini berupa sebuah novel visual yang mengulas masalah kesehatan mental di kalangan remaja.

The Sun Shines Over Us resmi dirilis di Google Play Store pada 7 Oktober 2021, bertepatan dengan perayaan hari Kesehatan Mental Dunia, dan bisa diunduh secara gratis lewat tautan berikut.

The Sun Shines Over Usakan fokus mengisahkan kehidupan remaja di Sekolah Menengah Atas (SMA) dari sudut pandang siswi bernama Mentari.

Baca juga: Pengembang Genshin Impact Bikin Game Baru, Usung Genre yang Berbeda

Mentari digambarkan sebagai seorang siswi pindahan yang tengah menjalani proses pemulihan dari kasus perundungan yang dialami di sekolah lamanya. Bersama Mentari, pemain akan diajak berkenalan dan membangun hubungan dengan teman di sekolah barunya.

Masing-masing dari teman Mentari memiliki karakter dan masalah pribadi yang berbeda-beda, mulai dari gangguan hiperaktif, eating disorder, hingga tekanan mental yang
disebabkan oleh keluarga yang tidak harmonis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gameplay pada game The Sun Shines Over Us.IGN Gameplay pada game The Sun Shines Over Us.

Penulis naskah The Sun Shines Over Us, Nana Hanifah, mengatakan bahwa game tersebut mengambil inspirasi dari pengalaman pribadinya sebagai korban bullying dan orang yang memiliki masalah kesehatan mental.

"Kekambuhan yang mendadak karena trauma dan kejadian pemicu, serta bolak-balik proses penyembuhan, pengalaman seperti ini ingin saya hadirkan di The Sun Shines Over Us," ujar Nana.

The Sun Shines Over Us diharapkan dapat membantu memberikan pengertian terhadap korban perundungan dan orang dengan masalah kesehatan mental, serta cara menangani dan merespon mereka.

Baca juga: Pengembang Game Indonesia Masih Andalkan Dana Pribadi untuk Produksi

Karena disajikan dalam konsep novel visual, pemain The Sun Shines Over Us dapat memilih arah berjalannya alur cerita melalui setiap keputusan yang diambil oleh Mentari.

Keputusan tersebut juga dapat memengaruhi interaksi Mentari dengan karakter lain, sekaligus menentukan keberhasilan pada proses pemulihan yang sedang dijalaninya.

Melalui The Sun Shines Over Us, Eternal Dream Studio nampaknya ingin menambah wawasan kepada masyarakat tentang betapa serius dan bahayanya masalah mental.

Selama proses pembuatan game, para pengembangnya bekerja sama dengan psikiater profesional yang membaca dan meyetujui konsep dan alur cerita di The Sun Shines Over Us, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari IGN Southeast Asia, Rabu (13/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.