Kompas.com - 22/11/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi peluncuran 5G di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Indosat OoredooIlustrasi peluncuran 5G di kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah hadir secara komersil di kota Solo, Jakarta, dan Surabaya, layanan 5G Indosat Ooredoo kini telah resmi menyambangi kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Peluncuran layanan jaringan seluler generasi ke-5 tersebut digelar dalam sebuah acara yang dihadiri oleh sejumlah pejabat Indosat Ooredeoo, Huawei sebagai mitra jaringan, dan pemerintah setempat.

President Director dan CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama mengatakan ini merupakan pertama kalinya layanan 5G Indosat Ooredoo hadir di wilayah Indonesia Timur.

"Saya sangat bersyukur dan bangga meluncurkan layanan komersial 5G Indosat Ooredoo di Makassar untuk melanjutkan revolusi 5G di seluruh negeri, mencapai Indonesia Timur," ujar Al-Neama dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Merger Direstui Kominfo, Ini 4 Syarat yang Harus Dipenuhi Indosat-Tri

"Teknologi ini akan membuka peluang besar bagi masyarakat setempat untuk membangkitkan kembali ekonomi lokal di berbagai industri di pusat perdagangan Indonesia Timur ini, mulai dari sektor pertanian, perdagangan, dan pariwisata," imbuh Al-Neama.

Hal serupa turut disampaikan Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Menurut dia, kehadiran 5G di kota Makassar bakal berkontribusi untuk meningkatkan produktivitas dan ekonomi masyarakat lokal. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Teknologi tersebut akan mentransformasi cara industri beroperasi, bisnis menciptakan nilai, dan konsumen mengakses produk dan layanan," tutur Andi di kesempatan yang sama.

Nantinya, kehadiran 5G di kota Makassar sendiri disebut bakal bisa dipakai untuk sejumlah use case, seperti Smart City & Digital Lifestyle, Digital Agribusiness, Smart Commerce & Trading, Digital Tourism & Hospitality, hingga Smart Industry 4.0.

Lokasi layanan 5G Indosat di Makassar dan syaratnya

 Logo Indosat Ooredoo(DOK. Indosat) Logo Indosat Ooredoo

Pihak Indosat Ooredoo tidak mengumbar di titik mana saja 5G bisa diakses di Makassar. Namun, mereka sebelumnya sempat mengatakan bahwa layanan generasi terkini itu baru tersedia di sekitar area Pettarani saja, tidak di seluruh kota.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.