Samsung Galaxy A03 Meluncur, Bawa Kamera 48 MP dan Baterai 5.000 mAh

Kompas.com - 27/11/2021, 10:01 WIB
Samsung Galaxy A03 The VergeSamsung Galaxy A03

KOMPAS.com - Pekan lalu, Samsung merilis Galaxy A03 Core secara diam-diam. Tak berapa lama kemudian, Samsung juga mengumumkan Galaxy A03, penerus Galaxy A02 yang dirilis bulan Januari lalu.

Itu artinya, Galaxy A03s dan Galaxy A03 melengkapi Galaxy A03 Core yang lebih dulu dirilis pada Agustus lalu.

Samsung Galaxy A03 memiliki dimensi bodi 164,2 x 75,9 x 9,1 mm. Ponsel ini masuk dalam kategori entry-level.

Ponsel ini dibekali layar berbentang 6,5 inci beresolusi HD Plus. Layarnya mengusung desain Infinity-V atau lubang kamera serupa huruf "V" yang digunakan sebagai rumah kamera depan beresolusi 5 MP.

Di bagian belakang terdapat dua kamera yang terdiri dari kamera utama 48 MP dan depth sensor 2 MP. Dibanding dengan pendahulunya, sektor kamera mendapatkan sedikit peningkatan. Galaxy A02 dibekali kamera utama 13 MP dan kamera makro 2 MP.

Baca juga: Samsung Dikabarkan Setop Galaxy Note, Fokus ke Ponsel Lipat Galaxy Z

Di sektor hardware, ponsel entry-level ini ditenagai prosesor octa-core (2x1,6 GHz + 6x1,6 GHz) yang tidak disebutkan namanya. Ada tiga opsi konfigurasi memori yang tersedia, yakni kombinasi RAM dan memori internal 3 GB/ 32 GB, 4 GB/64 GB, dan 4 GB/128 GB.

Tidak disebutkan versi Android apa yang dijalankan ponsel ini. Galaxy A03 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Ponsel ini turut dilengkapi dengan Dolby Atmos untuk sektor audio. Ada tiga warna yang tersedia yakni hitam, biru, dan merah, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSM Arena, Sabtu (27/11/2021).

Samsung belum mengumumkan berapa harga untuk Galaxy A03 dan di mana saja target pasarnya. Namun, biasanya seri Galaxy A0 dibanderol dengan harga murah.

Akan masuk Indonesia

Kemungkinan besar, Galaxy A03 tidak butuh waktu lama untuk tiba di Indonesia. Pasalnya, kode nomor Galaxy A03 sudah muncul di laman sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Sertifikat itu bernomor 11061/SJ-IND.8/TKDN/11/2021 dan terbit pada tanggal 26 November 2021. Di kolom merk dan tipe, tertulis Samsung SM-A035F.

Baca juga: Beredar, Bocoran Foto Hands-on Samsung Galaxy S21 FE

Tangkapan layar laman TKDN Kemenperin yang memuat sertifikasi Samsung SM-A035F yang diduga sebagai kode nomor Galaxy A03.TKDN Kemenperin Tangkapan layar laman TKDN Kemenperin yang memuat sertifikasi Samsung SM-A035F yang diduga sebagai kode nomor Galaxy A03.
Setelah ditelusuri, banyak sumber menyebut SM-A035F adalah kode nomor untuk Galaxy A03.
Kode yang sama juga diketahui telah muncul di situs sertifikasi Bluetooth SIG, dirangkum KompasTekno dari laman My Smart Price.

Di Indonesia, SM-A035F mengantongi nilai TKDN sebesar 37,30 persen. Belum ada informasi kapan kiranya Galaxy A03 akan dirilis secara resmi di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.