Kurir yang Bawa Kabur MacBook Akali Verifikasi Wajah dengan Topeng, Ini Saran Ahli

Kompas.com - 26/11/2021, 14:02 WIB
Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis (kiri) dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulfan saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Rabu (24/11/2021). KOMPAS.com/ Tria SutrisnaDirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis (kiri) dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulfan saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Rabu (24/11/2021).

KOMPAS.com - Polda Metro Jaya menangkap dua kurir yang menggelapkan satu unit MacBook Pro seharga Rp 67 juta. Dua kurir tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan menjelaskan keduanya menggunakan akun ojek online yang bukan milknya. Akun tersebut dibeli di media sosial dengan harga mulai dari Rp 800.000.

Untuk bisa log in ke akun tersebut, keduanya menggunakan topeng 3D untuk mengelabuhi proses verifikasi muka.

"Dia daftar (verifikasi) jadi akun driver Gojek dengan gambar 3D," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Auliansyah Lubis

Baca juga: Penggelapan MacBook Rp 67 Juta oleh Kurir, Buntut Jual-Beli Akun Ojol

Auliansyah menambahkan, topeng 3D tersebut adalah foto wajah asli pemilik resmi akun driver Gojek.

Menurut Zulpan, kedua pelaku diduga memiliki keahlian mengolah atau memanipulasi foto digital. Sehingga tersangka bisa dengan mudah berganti-ganti akun ojol setiap kali beraksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tentunya, makanya mereka bekerja sama mereka ahli di bidang (desain) itu," jelas Zulpan.

Menurut pakar keamanan siber dari lembaga riset nonprofit CISSReC, Pratama Persadha, seharusnya Gojek dan layanan ride hailing lain yang menggunakan verifikator wajah, memperbaiki sistemnya.

Misalnya menggunakan teknologi seperti yang digunakan fitur Face ID di iPhone atau menggunakan video call untuk memverifikasi mitranya.

"Misalnya seperti yang ada pada iPhone, scan wajah 3D yang topeng sulit untuk lolos dari verifikasi. Atau juga dilakukan verifikasi lewat video call dan beberapa pertanyaan menyamakan data diri driver," jelas Pratama keapda KompasTekno, Jumat (26/11/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.