Review Xiaomi 11T Pro 5G, Kinerja Mulus Kamera Bagus

Kompas.com - 06/12/2021, 08:05 WIB
Penampakan punggung Xiaomi 11T varian warna Moonlight White (kiri) dan Xiaomi 11T Pro varian warna Celestial Blue (kanan). KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoPenampakan punggung Xiaomi 11T varian warna Moonlight White (kiri) dan Xiaomi 11T Pro varian warna Celestial Blue (kanan).

KOMPAS.com - Xiaomi resmi memasarkan dua ponsel pertamanya tanpa embel-embel "Mi" di Indonesia, yaitu Xiaomi 11T 5G dan Xiaomi 11T Pro 5G.

Xiaomi 11T Pro diposisikan sebagai smartphone flagship model paling atas berbekal chipset Snapdragon 888

Ponsel penerus Mi 10T Pro ini juga dibekali dengan peningkatan di sejumlah aspek, seperti layar AMOLED dengan refresh rate 120 Hz dan fitur fast charging 120 watt.

KompasTekno pun berkesempatan menjajal Xiaomi 11T Pro 5G (12 GB/256 GB) versi ritel Indonesia berwarna Celestial Blue.

Lantas, bagaimana ulasannya setelah menggunakan ponsel seharga 7,5 juta selama satu bulan? Ikuti pembahasannya berikut ini.

Isi kemasan

Sebelum masuk ke ulasan soal kinerja dan lain-lainnya, kita lihat dulu isi kemasan dari ponsel flagship terbaru Xiaomi di Indonesia.

Xiaomi 11T Pro datang dengan kemasan berwarna hitam dengan aksen tulisan berwarna emas.

Di bagian depan kotak kemasan terdapat foto produk yang dilengkapi dengan logo Xiaomi, merek "Xiaomi 11T Pro", dan keterangan spesifikasi kunci seperti kamera 108MP, 5G, dan teknologi audio besutan Harman Kardon.

Saat pertama kali memegang kotak kemasan Xiaomi 11T Pro, kesan pertama yang didapat adalah, berat.

Ketika dibuka, isi kotak penjualannya ponsel seharga Rp 7,5 juta ini pun terlihat sama saja dengan kotak kemasan ponsel kelas menengah (mid-range) Xiaomi.

Dalam kotak terdapat satu unit ponsel, panduan penggunaan, kartu garansi, adapter charger, kabel USB tipe C, softcase, SIM card ejector tool, dan tak ketinggalan "surat cinta" dari Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Baca juga: Berapa Jumlah Pengguna HP Xiaomi Saat Ini?

Kotak kemasan Xiaomi 11T Pro berisi satu unit ponsel, adapter charger 120 watt, kabel USB tipe C, panduan penggunaan dalam bahasa Indonesia, kartu garansi,softcase, serta SIM card ejector tool. Tak ketinggalan ada pula kartu ucapan terima kasih dari Alvin Tse.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kotak kemasan Xiaomi 11T Pro berisi satu unit ponsel, adapter charger 120 watt, kabel USB tipe C, panduan penggunaan dalam bahasa Indonesia, kartu garansi,softcase, serta SIM card ejector tool. Tak ketinggalan ada pula kartu ucapan terima kasih dari Alvin Tse.

Bodi pas digenggam, warna kekinian

Bodi Xiaomi 11T Pro memiliki dimensi tinggi 164,1 mm, lebar 76,9 mm, dan ketebalan 8,8 mm.

Dengan dimensi tersebut, saat pertama kali digenggam, ponsel ini tidak terasa bongsor dan terasa pas digenggam dengan satu tangan.

Namun, dengan luas layar yang mencapai 6,67 inci membuat pengoperasian dengan satu tangan terasa kurang nyaman. Sebab, jempol tangan kanan tidak sampai menjangkau aplikasi yang ada di pojok paling kiri ponsel.

Beralih ke bagian belakang, Xiaomi 11T Pro menggunakan material plastik dengan finishing matte (bukan mengilap dan memberikan efek cermin) pada bagian punggungnya.

Saat diusap, permukaan punggung ponsel ini cukup licin sehingga ponsel rawan terlepas dari genggaman tangan. Selain itu, saat digunakan sehari-hari, noda sidik jari sering kali tertinggal di bagian punggung Xiaomi 11T Pro.

Untuk menyiasatinya dua masalah itu, pengguna bisa melapisi ponsel ini dengan softcase bawaan.

KompasTekno mendapatkan Xiaomi 11T Pro varian warna Celestial Blue yang cantik dan kekinian. Varian ini menampilkan perpaduan warna biru-keunguan dengan sentuhan efek hologram.

Ini membuat punggung ponsel dapat menampilkan warna yang berubah-ubah (gabungan biru, ungu, kuning, pink, hijau, atau oranye), saat terkena cahaya dan dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Baca juga: Persaingan Ponsel China Makin Ketat, Bisnis Xiaomi Terganggu Oppo, Vivo, dan Honor

Layar 120 Hz dan speaker ganda

Layar Xiaomi 11T Pro mengusung panel AMOLED seluas 6,67 inci dengan resolusi resolusi HDR10 Plus (1.080 x 2.400 piksel) dan sudah mendukung refresh rate 120 Hz.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Layar Xiaomi 11T Pro mengusung panel AMOLED seluas 6,67 inci dengan resolusi resolusi HDR10 Plus (1.080 x 2.400 piksel) dan sudah mendukung refresh rate 120 Hz.
Layar ponsel Xiaomi 11T Pro mengusung panel AMOLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel) dengan Adaptive Refresh Rate 120 Hz.

Dengan refresh rate 120 Hz, menggeser layar, menavigasi menu, berpindah antar-aplikasi terasa mulus dan lancar.

Di samping itu, spesifikasi layar tersebut dapat memanjakan mata kami ketika menatap layar, khususnya saat menonton video dan film.

Sebab, dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz, gambar yang ditampilkan jadi lebih jelas dan detail.

Kelebihannya, kami bisa merasakan sensasi yang lebih baik ketika menonton film dalam resolusi tinggi di aplikasi video-on-demand. Misalnya resolusi Ultra HD di Netflix atau Bluray 4K di iQiyi.

Pengalaman menonton jadi lebih seru karena Xiaomi 11T Pro dibekali dengan speaker ganda racikan produsen audio terkemuka, Harman/Kardon.

Di agian atas ponsel Xiaomi 11T Pro terdapat lubang speaker dengan embel-embel Harman/Kardon (atas). Sementara, bagian bawah ponsel terdapat lubang speaker, posrt USB tipe C, dan laci SIM card. Tak ada colokan untuk audio jack 3,5mm.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Di agian atas ponsel Xiaomi 11T Pro terdapat lubang speaker dengan embel-embel Harman/Kardon (atas). Sementara, bagian bawah ponsel terdapat lubang speaker, posrt USB tipe C, dan laci SIM card. Tak ada colokan untuk audio jack 3,5mm.
Speaker ganda yang terletak di bagian atas dan bawah ponsel ini dibekali teknologi Dolby Atmos. Selain itu, speaker ini juga mampu menghasilkan suara yang kencang.

Saat menonton video atau film dalam mode full screen (keadaan horizontal), speaker ganda ini juga dapat menghadirkan efek surround sound (suara kitar) 360 derajat sehingga makin menambah pengalaman saat menonton film atau video.

Soal kecerahan layar, Layar Xiaomi 11T Pro tersebut memiliki tingkat kecerahan (brightness) hingga 1.000 nits, membuat konten masih akan tetap terlihat meski layar terpapar sinar matahari terik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.