Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Tampang dan Spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G

Kompas.com - 06/12/2021, 07:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Zoutons

KOMPAS.com - Samsung disinyalir tengah mempersiapkan sejumlah ponsel A-Series terbarunya, salah satunya adalah Galaxy A73. Bocoran spesifikasi ponsel yang diyakini merupakan penerus Galaxy A72 ini sudah banyak tersiar di internet.

Yang paling baru, sebuah video yang menampilkan desain render CAD 3D dari ponsel Galaxy A73 ikut beredar di ruang maya.

Dari video ini, tampang dan render video tersebut dirancang oleh pembocor gadget kenamaan di Twitter @OnLeaks, dan diunggah pertama kali oleh Zoutons.com.

Sebagai informasi CAD atau computer-aided design sendiri biasanya digunakan untuk memvisualisasikan sebuah produk dalam bentuk gambar 2D maupun 3D.

Dari video render CAD 3D yang dibuat @OnLeaks, bisa terlihat bahwa Galaxy A73 agaknya masih akan mewarisi desain yang sama dari pendahulunya. Mulai dari aspek layar dengan desain infinity-O serta modul kamera belakang sebagai rumah dari empat kamera belakang.

Render CAD 3D ponsel Samsung Galaxy A73.@OnLeaks dan @Zoutons Render CAD 3D ponsel Samsung Galaxy A73.
Penempatan tombol-tombol pun masih sama. Misalnya, tombol pengaturan volume up dan down masih berada di sebelah kanan bodi ponsel. Sedangkan di sisi kirinya ponsel terlihat mulus tanpa tombol.

Selanjutnya, di sisi bawah masih ada port USB tipe C berikut grill speaker. Sementara di sisi atas ada slot kartu SIM.

Satu-satunya perbedaan yang paling kentara adalah fitur lubang audio jack 3,5mm. Dalam video render CAD yang dibagikan @OnLeaks, Samsung Galaxy A73 tak lagi dibekali dengan lubang audio jack 3.5mm.

Sebelumnya, colokan audio jack 3,5mm masih disertakan di sisi bawah bodi Galaxy A72.

Baca juga: Video: Harga Selisih Rp 1 Juta, Ini Beda Samsung Galaxy A52 dan A72

Bila Samsung Galaxy A73 benar tak dibekali colokan audio jack 3,5mm, maka agaknya Samsung serius dengan rencanya untuk memangkas fitur ini dari sejumlah ponsel buatannya.

Samsung memang mulai menghilangkan fitur pendukung tersebut. Jajaran ponsel flagship Galaxy S21 yang diluncurkan Januari 2021 lalu juga sudah tidak didukung oleh audio jack 3,5mm tersebut.

Menurut informasi yang beredar, port audio jack mulai tidak disertakan karena berkembang pesatnya aksesori headphone nirkabel hingga earphone True Wireless Stereo (TWS).

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy A73

Sebelum render CAD Galaxy A73 ini beredar, bocoran spesifkasi layar, kamera, hingga chipset ponsel ini sudah lebih dulu beredar di internet.

Untuk layarnya, ponsel ini konon akan mengusung layar Super AMOLED seluas 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel) dan refresh rate 90 Hz.

Galaxy A73 diduga akan dibekali empat kamera belakang dengan kamera utamanya beresolusi 108 MP.

Untuk dapur pacunya, Galaxy A73 konon akan ditenagai Snapdragon 750G. Chipset ini disebut akan dipadankan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan media 128 GB.

Baca juga: Bocoran Tampang dan Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G, Tak Ada Jack Audio 3,5 mm

Bocoran lainnya, ponsel ini disebut bakal menjalankan sistem operasi Android 12 dan mendukung konektivitas 5G. Galaxy A73 konon bakal dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 33 watt.

Galaxy A73 disinyalir akan meluncur akhir tahun ini, atau sekitar bulan Desember 2021. Ponsel ini diprediksi akan dijual dengan harga ritel sekitar 32.999 Rupee atau setara dengan Rp 6,3 juta, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Zoutons, Senin (6/12/2021).

Kendati demikian, bocoran spesifikasi di atas tadi barulah rumor semata. Sejauh ini, Samsung juga belum memberikan kisi-kisi soal kehadiran Galaxy A73 ke pasaran.

Baca juga: Ketika Pusat Internet Indonesia Tumbang Diamuk Si Jago Merah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Zoutons
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com