Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bakal Sediakan 3 Pilihan Urutan Postingan Berbeda, Ini Tampilannya

Kompas.com - 07/01/2022, 11:02 WIB
Soffya Ranti,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Instagram tengah menguji coba tampilan feed atau urutan postingan baru. Hal tersebut dikatakan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri melalui akun Twitter-nya.

Lewat postingan tersebut, Mosseri mengatakan Instagram sedang menguji coba bukan hanya satu, melainkan tiga urutan postingan yang berbeda,yakni Home, favorites, dan Following.

Dari ketiganya, fitur feed Following mungkin yang selama ini ditunggu-tunggu pengguna. Pasalnya sudah lama pengguna Instagram menginginkan urutan postingan berdasar waktu/kronologis, seperti awal-awal layanan Instagram muncul.

Baca juga: Instagram Uji Coba Tampilan Feed Berdasarkan Urutan Waktu

Namun meskipun kembali menampilkan feed berdasarkan kronologis, namun Instagram tidak menggunakan mekanisme algoritma yang lama, melainkan bakal menyalurkannya dengan update terbaru.

Lantas apa saja beda algoritma tampilan feed baru Instagram yang sedang diuji coba ini?

Home


Untuk feed pada tampilan Home akan ditampilkan tidak berbeda dengan saat ini yaitu menampilkan konten di feed berdasarkan minat dan ketertarikan pengguna.

Menurut Adam Mosseri, opsi Home akan menampilkan berbagai konten di feed yang didasarkan pada minat dan ketertarikan pengguna.

Favorites

Feed Terbaru InstagramTwitter Adam Mosseri Feed Terbaru Instagram

Kedua, feed Instagram akan memunculkan tampilan feed Favorites. Feed ini nantinya akan memunculkan berbagai akun-akun yang dipilih pengguna atau yang difavoritkan pengguna untuk diutamakan muncul di urutan atas.

Baca juga: Cara Membagikan Postingan Foto/Video di Feed Instagram ke IG Stories

Dengan opsi Favorites ini pengguna tidak akan ketinggalan berbagai postingan akun yang difavoritkannya seperti content creator favorit mereka, idola, dan lain sebagainya yang dirasa cukup penting bagi pengguna untuk mengikuti perkembangan akun mereka.

Following

Feed Instagram TerbaruTwitter Adam Mosseri Feed Instagram Terbaru

Feed ketiga adalah opsi Following. Melalui opsi ini konten-konten di feed akan ditampilkan secara kronologis atau berurutan waktu dari akun yang difollow sehingga pengguna dapat melihat update atau postingan terakhir dari akun yang diikutinya.

Perlu diingat, fitur tiga urutan postingan baru ini masih dalam tahap uji coba, dan masih baru dirilis untuk beberapa pengguna Instagram saja.

Baca juga: Cara Upload Foto di Feed Instagram agar Tidak Pecah

Kendati demikian, dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Jumat (7/1/2022) Mosseri menjanjikan bahwa fitur-fitur ini akan dirilis secara resmi untuk seluruh pengguna paling lambat pertengahan tahun 2022.

Ketiga opsi tersebut nantinya akan dapat ditemukan oleh pengguna di halaman utama aplikasi tepatnya di pojok kiri atas layar menggantikan logo Instagram.

Selain menampilkan perubahan feed yang lebih beragam, Instagram nampaknya akan mengubah sejumlah susunan menu dalam aplikasi.

Salah satunya adalah menu Direct Message yang biasanya ditemukan sejajar dengan ikon Upload Posting dan Likes terlihat akan diganti dengan menu pencarian (Search).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com