iPhone Bisa Screenshot Panjang atau Satu Halaman Penuh, Begini Caranya

Kompas.com - 07/01/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Pengguna biasanya menggunakan fitur tangkapan layar atau screenshot untuk menyimpan berbagai informasi penting yang tampil di layar ponsel secara cepat.

Bagi sebagian orang bisa jadi pernah melakukan screenshot berkali-kali, karena informasi yang dimuat terlalu panjang, misalnya seperti informasi pada sebuah blog, berita pada situs media, dan sebagainya.

Screenshot yang dilakukan secara berkali-kali tentunya cukup merepotkan. Selain membuat penyimpanannya kurang rapi juga memboroskan storage perangkat.

Bagi Anda pengguna iPhone mungkin juga masih kerap melakukan hal tersebut. Namun, sekarang Anda tidak perlu bersusah payah lagi. Apple memiliki fitur screenshot panjang atau satu halaman penuh di iPhone.

Fitur ini mempermudah pengguna untuk menangkap semua konten yang ditampilkan dalam satu screenshot.

Baca juga: Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan

Jadi dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu lagi untuk melakukan screenshot berkali-kali pada informasi panjang yang diperoleh dari sebuah halaman di internet. Anda bisa melakukan screenshot semua informasi yang ada di situs tertentu hanya dalam satu ketukan.

Untuk menggunakan fitur ini caranya cukup mudah, berikut cara screenshot panjang di iPhone.

  • Buka halaman, chat WhatsApp, atau situs yang ingin Anda ambil screenshot di iPhone
  • Kemudian, mulai ambil screenshot seperti biasa pada iPhone Anda.
  • Untuk melakukan screenshot pada iPhone dengan seri Face ID, tekan dan tahan tombol power dan volume up secara bersamaan.
  • Untuk iPhone dengan seri home button atau Touch ID, Anda cukup menekan tombol home dan power secara bersamaan.
  • Kemudian, jika Anda mengaktifkan fitur Assistive Touch, Anda tinggal ambil screenshot melalui tombol virtual yang tersedia di fitur tersebut
  • Setelah selesai mengambil screenshot sesuai dengan model perangkat Apple Anda, biasanya akan muncul pratinjau dari hasil screenshot yang baru diambil.
  • Pratinjau ini biasanya bakal muncul di sisi kiri bagian bawah layar iPhone Anda.
  • Kemudian tekan pratinjau tersebut melihat hasil dari screenshot Anda.
  • Untuk menggunakan fitur screenshot satu halaman penuh, Anda bisa memilih opsi “Full Page” atau “Halaman Penuh” yang berada di mode pratinjau.
  • Apabila Anda memilih opsi tersebut, Anda dapat melihat screenshot yang bakal diambil di seluruh halaman tersebut dengan menggulir kursor persegi di sebelah kanan hasil tangkapan
  • Setelah itu, Anda bisa menyimpan screenshot satu halaman penuh itu dengan menekan opsi “Selesai” atau “Done”.

Ilustrasi cara screenshot satu halaman penuh di iPhoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara screenshot satu halaman penuh di iPhone

Sedikit informasi, hasil screenshot satu halaman penuh akan tersimpan dalam format PDF di aplikasi File iPhone.  Demikian cara screenshot panjang di iPhone, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Tethering WiFi iPhone dan Mengaktifkan Hotspot Pribadi yang Hilang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.