Mengenal Jenis Kabel Charger iPhone dari Masa ke Masa

Kompas.com - 07/01/2022, 17:02 WIB
Ilustrasi iPhone 4S UnsplashIlustrasi iPhone 4S

KOMPAS.com - Mendengar iPhone, pertama terbesit di benak sebagian orang barangkali adalah ponsel yang eksklusif.

Asumsi ini tidak bisa dipungkiri, mengingat Apple selalu ingin tampil berbeda dengan ponselnya, sejak zaman ponsel dengan sistem operasi Symbian mendominasi, hingga Android di masa kini.

Memang banyak perbedaan teknologi di iPhone yang terlihat mencolok jika dibandingkan dengan ponsel mayoritas di setiap masanya. Misal, Apple merilis iPhone generasi pertama dengan layar full touchscreen dan menghilangkan banyak tombol fisik.

Baca juga: 3 Tips Merawat Kabel Charger iPhone agar Lebih Awet

Desain iPhone seperti itu sangat tampak berbeda dengan ponsel kebanyakan keluaran tahun 2007. iPhone hadir dengan layar sentuh besar sementara ponsel lain masih menggunakan keypad fisik QWERTY, sebut saja seperti Blackberry dan Nokia.

Jenis kabel iPhone

Dengan jargon “Think Different”, yang selalu dielukan Apple sejak 1997 oleh pendirinya, Steve Jobs, tak heran apabila iPhone selalu hadir sebagai ponsel yang berbeda di setiap masa. Perbedaan ini juga bisa dilihat pada jenis kabel pengisi daya atau charger iPhone.

Sedikit informasi, kabel charger memiliki dua bagian, yakni bagian ujung dan ekor. Bagian ujung disebut sebagai Universal Serial Bus (USB), yang berfungsi untuk menghubungkan ke komputer atau adaptor charger.

Sedangkan, bagian ekor biasa disebut sebagai konektor, yang berfungsi untuk menghubungkan ke iPhone. Di bagian konektor ini, iPhone memiliki perbedaan bentuk dengan ponsel-ponsel pada umumnya.

Baca juga: Apple Digugat karena Jual iPhone Tanpa Charger

Berikut rangkuman jenis-jenis kabel charger iPhone dari masa ke masa.

Konektor 30-pin

Konektor 30-Pin sebagai kabel charger, pertama kali dikenalkan pada iPhone generasi pertama atau yang biasa dikenal dengan iPhone 2G. Konektor 30-pin ini digunakan Apple dari iPhone 2G hingga terakhir iPhone 4s.

Ilustrasi kabel charger konektor 30-pinApple Ilustrasi kabel charger konektor 30-pin

Konektor 30-pin dihadirkan dengan menggunakan USB 2.0. Sedangkan pada sekitar 2007 hingga 2012, kebanyakan ponsel menggunakan USB 2.0 dengan konektor Micro atau biasa disebut USB Micro.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.