Riset Membuktikan, Ikan Mas Bisa Menyetir Mobil

Kompas.com - 13/01/2022, 07:01 WIB
Ilustrasi ikan dalam akuarium yang bisa menyetir kereta robot atau yang menopang akuarium. Youtube.com/Ben-Gurion UniversityIlustrasi ikan dalam akuarium yang bisa menyetir kereta robot atau yang menopang akuarium.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Para peneliti dari Universitas Ben-Gurion, Beersheba, Israel berhasil menjalankan sebuah riset untuk mengajari enam ekor ikan mas untuk "menyetir mobil".

Bukan mobil sungguhan, "kendaraan" tersebut berupa kereta robot beroda empat yang bisa berjalan layaknya sebuah mobil, di mana di atasnya terdapat akuarium berkaca transparan. 

Tiap akuarium diisi dengan satu ikan mas dan pergerakan kereta robot tersebut bergantung pada ke arah mana ikan-ikan ini berenang.

Pendeteksian gerakan ikan sendiri dipantau menggunakan kamera, komputer, serta sensor LiDAR yang diposisikan di bagian atas akuarium.

Nah, berbagai komponen ini nantinya bakal memproses pergerakan ikan, dan mengirimkannya ke sistem roda kereta robot yang menopang akuarium tadi.

Hal ini dilakukan supaya kereta robot tersebut bisa berjalan sesuai dengan arah berenang ikan. Ketika ikan berenang ke bagian sisi depan kaca akuarium, misalnya, maka kereta robot juga bakal melaju ke depan.

Baca juga: BMW Pamer Mobil yang Bisa Berubah Warna, Begini Cara Kerja Teknologinya

Komponen kereta robot yang memuat akuarium dan kamera pendeteksi gerakan ikan.Youtube.com/Ben-Gurion University Komponen kereta robot yang memuat akuarium dan kamera pendeteksi gerakan ikan.

Memasang target sebagai garis finis

Riset ini dilakukan para peneliti untuk mengetahui apakah ikan memiliki kemampuan navigasi di lingkungan lain, dalam hal ini darat, atau tidak.

Untuk mengetahui hal tersebut, para peneliti melatih para ikan mas sedemikian rupa, serta menetapkan sebuah target berupa garis vertikal berwarna merah muda di bagian ujung ruangan.

Garis berwarna ini dipakai sebagai garis finis yang harus dicapai sang ikan, dan di sana terdapat makanan ikan sebagai hadiah apabila mereka berhasil mencapai target.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber NBC News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.