Anak 12 Tahun Jual Emoji Ikan Paus sebagai NFT, Raup Rp 5 Miliar

Kompas.com - 30/08/2021, 10:21 WIB
Benyamin Ahmed dan karya seni digital Weird Whales. The GuardianBenyamin Ahmed dan karya seni digital Weird Whales.

KOMPAS.com - Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun asal London, Benyamin Ahmed, mengisi waktu liburan sekolahnya dengan membuat karya seni digital bernama "Weird Whales". Isinya berupa emoji ikan paus bergaya piksel.

Namun, tak dinyana, karya seni berisi total 3.350 buah emoji ikan paus itu berhasil terjual sebesar 290.000 poundsterling atau setara dengan Rp 5,7 miliar sebagai Non-Fungible Token (NFT).

Uang yang didapat Ahmed ini disimpan dalam bentuk Ethereum, mata uang kripto yang juga digunakan untuk menjual karya seni ikan pausnya itu.

Pantauan KompasTekno di situs opensea.io tempat Ahmed menjual NFT Weird Whales, deretan emoji ini sudah diperjualbelikan sebanyak 1.400 kali. Tercatat sudah ada 1.500 orang yang membeli karya seni Weird Whales ini.

Memang, belakangan ini NFT menjadi salah satu alternatif orang untuk menjual karya seni digitalnya.

NFT dapat diartikan sebagai sebuah token kriptografi yang mewakili suatu barang yang dianggap unik. Dengan memiliki aset NFT, pemilik seperti memiliki karya seni atau barang antik.

Sebenarnya NFT ini mirip dengan aset digital lainnya, seperti Bitcoin dan Ethereum. Namun, perbedaan mendasarnya ialah NFT ini tidak bisa dipertukarkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengenal NFT, Aset Kripto yang Tengah Naik Daun

Beberapa emoji ikan paus dari karya seni Weird Whales milik Benyamin Ahmed.opensea.io Beberapa emoji ikan paus dari karya seni Weird Whales milik Benyamin Ahmed.

Karya seni kedua

Weird Whales sendiri adalah koleksi karya seni digital kedua dari Ahmed. Sebelumnya, ia juga pernah membuat koleksi karya seni digital yang terinspirasi dari game piksel Minecraft, bernama "Minecraft Yee Haa".

Koleksi NFT milik Ahmed yang pertama berisi 40 tipe avatar bergaya piksel. Namun, penjualan NFT Minecraft Yee Haa ini tidak sesukses Weird Whales.

"Saya membuatnya setelah menghabiskan terlalu banyak waktu bermain video game Minecraft," kata Ahmed. Dia menciptakan karya seni, lalu memprogram karya seni itu satu per satu sendiri.

Halaman:


Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.