Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganet Indonesia Serbu OpenSea, Jual NFT Foto KTP hingga Makanan Rp 3,8 Miliar

Kompas.com - 16/01/2022, 12:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan, koleksi Non Fungible Token alias NFT foto selfie "Ghozali Everyday" milik pemuda bernama lengkap Sultan Gustaf Al Ghozali, mendadak viral di internet.

Walhasil, Ghozali dilaporkan berhasil mendapatkan keuntungan hingga Rp 1,5 miliar dari penjualan NFT Ghozali Everyday tersebut.

Ingin "cuan" seperti Ghozali, warganet Indonesia ramai-ramai mengikuti jejak Ghozali dengan cara menjual NFT di di platform OpenSea. Kali ini yang dijual tak hanya foto selfie, melainkan foto makanan hingga foto kartu tanda penduduk (KTP).

Baca juga: Tips Menjual NFT agar Cuan Seperti Ghozali Everyday

Pantauan KompasTekno, Minggu (16/1/2022) pagi, pengguna bisa dengan mudah menemukan NFT foto makanan yang dijual netizen Indonesia dengan kata kunci "makanan" di OpenSea.

Ilustrasi NFT foto makanan dijual 80 ETH di OpenSea.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi NFT foto makanan dijual 80 ETH di OpenSea.
Hasil pencarian "makanan" menampilkan sejumlah NFT foto makanan dari Indonesia, mulai dari camilan, lauk-pauk, hidangan utama, hidangan penutup, nasi kotak, hingga mie instan kemasan sekalipun lengkap dijual di OpenSea.

Adapun makanan yang dijual sebagai NFT seperti mie "Cirambay", cilor, martabak, tempe, tahu, rendang, steak, mie kuah, nasi kuning, soto ayam, bakso, pasta, ramen, hingga puding dan bermacam jenis kue.

Bahkan ada pula yang menjual foto saat kegiatan "tumpengan" (seremoni perayaan dan syukuran di Indonesia dengan nasi tumpeng) juga ikut dijual sebagai NFT.

Soal harga, berbagai NFT foto makanan yang dijual netizen Indonesia ini dijual dengan harga yang beragam, mulai dari 0,001 ETH (ethereum, setara Rp 47.500) hingga paling mahal 80 ETH (sekitar Rp 3,8 miliar).

Adapun NFT makanan yang dijual hingga Rp 3,8 miliar itu adalah foto nasi ayam geprek lengkap dengan lalapan dan minuman seperri jus jeruk. NFT foto makanan lain yang dijual dengan harga yang tinggi adalah mie ayam seharga 10 ETH atau setara Rp 475 juta.

Baca juga: Ini 10 Daftar NFT Termahal di Dunia

Viral jual NFT KTP

Selain foto makanan, netizen Indonesia juga dilaporkan sempat menjual NFT foto kartu tanda penduduk (KTP) dan foto selfie bersama KTP di OpenSea.

Penjualan NFT KTP di OpenSea ini viral setelah sejumlah pengguna Facebook mengeluhkan adanya akun yang mengunggah foto selfie KTP.

Ilustrasi foto KTP dan selfie KTP dijual di OpenSea.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi foto KTP dan selfie KTP dijual di OpenSea.
Dalam tangkapan layar, terlihat foto KTP Indonesia tersebut dijual bebas di OpenSea. Sejumlah pengguna Twitter lantas mengunggah kembali tangkapan layar tersebut hingga kini banyak diperbincangkan.

Dalam sebuah tangkapan layar yang viral, memuat koleksi NFT bernama "Indonesian identity card (KTP) collection". Koleksi tersebut terlihat terdiri dari 38 item NFT yang terdiri dari foto KTP, foto selfie, dan foto selfie bersama KTP.

Baca juga: Ini Daftar Marketplace Jual Beli NFT Lokal di Indonesia

Namun saat KompasTekno telusuri pada Minggu siang, koleksi tersebut sudah menghilang dari situs OpenSea. Kami juga mencoba mencari dengan kata kunci lain seperti "KTP", "KTP selfie", serta "Indonesian identity card", namun hasilnya nihil.

Dari pencarian dengan kata kunci tersebut, kami hanya menemukan foto sampul KTP tanpa informasi nomor induk kependudukan (NIK), nama, alamat, dan informasi pribadi lainnya.

Adapula yang menjual NFT foto nomor induk kependudukan (NIK) saja, tanpa informasi lainnya.

Baca juga: Ghozali Everyday Jual NFT Foto Selfie, Harga Tertinggi Tembus Rp 3 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com