6 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Perlu Uninstall

Kompas.com - 02/03/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com - Di saat libur atau cuti, sebagian orang mungkin ingin rehat sejenak dan tidak ingin membuka aplikasi perpesanan seperti WhatsApp. Salah satu alasannya adalah mereka tidak ingin terganggu dengan notifikasi pesan atau panggilan yang masuk.

Menonaktifkan WhatsApp sementara bisa dilakukan tanpa menghapus aplikasi di perangkat atau uninstall. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir riwayat chat hilang karena aplikasi dihapus.

Pengguna juga tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menonaktifkan WhatsApp sementara. Sehingga tidak perlu khawatir atas ancaman privasi yang ditimbulkan aplikasi pihak ketiga, yang bisa jadi menyimpan malware.

Baca juga: Tidak Ada Iklan, WhatsApp Dapat Uang dari Mana?

Lantas bagaimana cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa perlu menghapus aplikasinya? Berikut ini KompasTekno merangkum enam cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa perlu uninstall aplikasi, dihimpun dari Sea PC Mag.

1. Menonaktifkan notifikasi WhatsApp

Cara ini merupakan paling mudah dan praktis. Pengguna hanya perlu menonaktifkan notifikasi pesan maupun telepon dari WhatsApp tanpa perlu mematikan data. Sehingga, pengguna masih bisaa browsing, nge-game, atau streaming. Cara menonaktifkan notifkasi WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Buka WhatsApp Anda
  • Klik ikon tiitk tiga di pojok kanan atas
  • Pilih “Settings”
  • Klik “Notifications”
  • Geser toggle “Conversations tones” ke arah kiri sehingga berubah menjadi warna abu-abu atau putih, menandakan fitur dalam mode mati
  • Ubah menu “Vibrate” menjadi “Off”
  • Geser toggle “Use high priority notifications” ke arah kiri
  • Ubah menu “Popup notification” menjadi “No pop-up”

2. Merekam nada dering senyap dan atur sebagai notifikasi WhatsApp Anda

Jika dirasa mematikan notifkasi kurang efektif, Anda dapat mencoba menambahkannya dengan cara membuat nada dering senyap sebagai notifikasi WhatsApp.Sebetulnya, Anda bisa saja mematikan nada dering. Namun, hal itu akan menonaktifkan nada dering perangkat secara umum.

Dengan trik ini, Anda tetap bisa menyalakan nada dering perangkat dan hanya "mematikan"  nada dering WhatsApp.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah merekam keheningan beberapa detik di ponsel Anda. Setelah itu simpan dengan nama file yang Anda inginkan.

Buka WhatsApp pilih “Settings” pilih “Notifications” lalu pilih nada dering senyap yang telah Anda rekam sebelumnya sebagai notifikasi WhatsApp. Dengan cara ini, meskipun Anda menerima notifikasi WhatsApp, Anda tidak akan mendengarnya.

Baca juga: Pemutaran Voice Note WhatsApp Terlalu Cepat? Begini Cara Mengatasinya

3. Matikan notifikasi lampu WhatsApp Anda

Beberapa smartphone memiliki LED light yang umumnya terletak di sisi atas layar ponsel. LED light inilah yang akan menyala ketika menerima notifikasi WhatsApp. Agar notifkasi tersebut tidak menyala, Anda dapat menonaktifkannya segera. Caranya:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.