Pesan WhatsApp Bakal Cuma Bisa Diteruskan Sekali?

Kompas.com - 11/03/2022, 16:03 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan akan memperketat aturan jika pengguna ingin meneruskan pesan (forward). Pengguna WhatsApp nantinya hanya akan diizinkan mem-forward satu pesan ke satu grup dalam sekali kirim.

Saat ini, pengguna WhatsApp dapat meneruskan pesan ke banyak grup sekaligus. Dengan kata lain, nantinya meneruskan pesan WhatsApp tidak akan semudah sekarang.

Hal ini terungkap dari laporan situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, WABetaInfo. Menurut WABetaInfo, WhatsApp sedang menguji fitur ini di aplikasi WhatsApp beta Android versi v2.22.7.2.

Baca juga: Cara agar WhatsApp Web Tidak Log Out Sendiri

Dalam tangkapan gambar yang ditunjukkan oleh WABetaInfo, WhatsApp memberikan peringatan kepada pengguna dengan keterangan "Pesan yang diteruskan hanya dapat dikirim ke satu obrolan grup".

Peringatan itu muncul setiap kali pengguna mencoba meneruskan pesan ke lebih dari satu grup.

Tangkapan layar uji coba fitur batasan pesan terusan WhatsAppWABetaInfo Tangkapan layar uji coba fitur batasan pesan terusan WhatsApp
"Ketika sebuah pesan ditandai sebagai pesan terusan, akan sulit untuk meneruskannya ke lebih dari satu grup sekaligus," kata WABetaInfo.

Meski demikian, pengguna tetap dapat meneruskannya ke grup lain.

Hanya saja, caranya menjadi lebih rumit, karena harus dikirimkan ke satu per satu grup, bukan sekaligus sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Jumat (11/3/2022).

"Jika Anda perlu meneruskan pesan ini ke lebih dari satu grup, Anda harus memilih pesan dan meneruskannya lagi," imbuh WABetaInfo.

Belum jelas apa tujuan WhatsApp menguji fitur ini. Namun, ada kemungkinan upaya ini dilakukan perusahaan untuk menangkal penyebaran hoaks atau misinformasi dalam platform-nya.

Baca juga: 2 Cara Membuka Dua Akun WhatsApp Sekaligus di PC dengan Mudah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.