Instagram Bikin Akun TikTok Baru untuk Promosi Fitur IG

Kompas.com - 16/03/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com -TikTok menjadi salah satu aplikasi media sosial yang saat ini digandrungi, bukan hanya pengguna internet Indonesia, namun juga secara global. Saking populernya, bulan Juni 2021 lalu, TikTok berhasil menggeser dominasi keluarga besar Meta (Facebook (FB), Instagram (IG), dan WhatsApp (WA)).

Menurut data Sensor Tower untuk paruh pertama 2021, TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh, mengalahkan Instagram, Facebook, dan WhatsApp yang sebelumnya kerap menjadi tiga besar.

Hal ini membuat media sosial lain khawatir, sehingga mencoba meniru ciri khas TikTok, yakni membuat fitur khusus video pendek. Hal itu juga dilakukan Instagram yang dulunya dikenal sebagai aplikasi berbagi foto.

Baca juga: Kalahkan Facebook, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh

Beberapa tahun lalu, Instagram merilis Reels yang digadang akan menantang TikTok. Tampaknya, Instagram juga ingin mempromosikan fitur-fiturnya ke pengguna TikTok. Caranya adalah dengan membuat akun resmi Instagram di TikTok.

Akun resmi Instagram di TikTok memiliki handle @instagramcreators. AKun tersebut sudah mendapatkan label "centang biru" alias verified account.

Pantauan KompasTekno, Rabu (16/3/2022), akun yang baru memiliki pengikut (followers) sekitar 920 orang tersebut, tampaknya belum lama dibuat lantaran postingan pertamanya diunggah sekitar satu hari lalu.

Baca juga: Rusia Disebut Pakai Influencer TikTok untuk Sebar Propaganda

Adapun postingan tersebut, begitu juga sebagian besar postingan lainnya yang sudah diunggah akun TikTok milik Instagram, @instagramcreators, merupakan video tutorial pendek terkait cara menggunakan fitur-fitur di aplikasi IG yang berguna untuk para kreator konten.

Beberapa di antaranya seperti cara mengamankan akun, cara memonetisasi konten Instagram, cara meningkatkan engagement menggunakan Instagram Reels, dan lain sebagainya.

Selain Instagram, Facebook juga terpantau memiliki akun TikTok dengan handle @facebook.  Akun tersebut juga telah mendapatkan lambang verifikasi akun di TikTok, sama seperti akun @instagramcreators tadi.

Baca juga: Rusia Batasi Akses ke Facebook

Belum bisa dipastikan kapan Facebook membuat akun tersebut. Yang jelas, akun ini belum mengunggah konten apapun terlepas dari jumlah followers-nya yang sudah lebih dari 18.000 orang.

Baca juga: Cara Gabung Grup WhatsApp Melalui Link TikTok

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Adweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.