Kompas.com - 25/03/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Google berencana menghapus fitur katalog film dan serial TV dari toko aplikasinya, Play Store. Dengan kata lain, Google akan berhenti menjual film dan serial TV dari toko aplikasi Android tersebut.

Rencana itu terungkap dari unggahan yang dibagikan di halaman Google Play Help. Unggahan itu menyebutkan bahwa Google akan menutup tab Movies yang memuat katalog film serta serial TV.

Rencana ini kabarnya akan dijalankan pada Mei 2022. Artinya, Google akan menyetop penjualan film di Play Store pada tenggat waktu tersebut. Setelah rencana itu dijalankan, Play Store hanya akan menjual aplikasi termasuk game dan buku.

Baca juga: Google Singkirkan Semua Patung Android dari Kantor Pusatnya

Google belum mengumumkan resmi rencana penghapusan film dari Play Store. Namun, ada indikasi lain yang menguatkan karena Google sudah menyetop penjualan film dari aplikasi Play Store versi smart TV, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Ars Technica, Jumat (25/3/2022).

Pindah ke Google TV

Bukan dihapus sepenuhnya, katalog film dari Play Store akan dialihkan Google ke aplikasi Google TV. Aplikasi ini akan menjadi wadah baru dari Google untuk menjual konten film dan serial TV bagi pengguna smartphone dan tablet.

"Mulai Mei 2022, aplikasi Google TV akan menjadi rumah untuk membeli, menyewa serta menonton film dan acara TV dari perangkat mobile maupun tablet. Film dan acara TV tidak akan lagi didukung aplikasi Google Play. (Namun) Google Play akan terus menjadi toko untuk aplikasi, game, dan buku," demikian kutipan posting yang diunggah di halaman Google Play Help.

Pengumuman itu juga menyebutkan bahwa Google TV menawarkan pengalaman yang sama dengan Play Store dalam menjual film dan acara TV. Artinya, pengguna akan mendapatkan penawaran daftar film baru, dan rekomendasi film maupun acara TV.

Baca juga: Google Rombak Tampilan Play Store untuk Tablet dan Ponsel Lipat

Tampilan Google TV juga tak ubahnya Play Store, yang dilengkapi dengan empat tab utama, yaitu Home, Shop, Library, dan Watchlist.

Perpindahan katalog film dan acara TV ke Google TV tidak akan mengubah benefit yang selama ini didapatkan pengguna dari Play Store.

Misalnya, pengguna tetap bisa mendapat Play Point, berbagi dengan keluarga hingga menggunakan kredit Google Play.

Pengumuman itu juga menyebutkan, pengguna dapat mengakses wishlist (daftar film yang akan ditonton) yang ada di Play Store lewat Google TV. Daftar wishlist-nya dapat diunduh melalui tautan ini dengan login akun Gmail terlebih dahulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.