WhatsApp Bakal Bisa Kirim File 2 GB, Sebelumnya Cuma 100 MB

Kompas.com - 30/03/2022, 12:01 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - WhatsApp dapat digunakan untuk mengirim file seperti media, dokumen, dll. Selama ini, WhatsApp membatasi ukuran file yang dikirim yakni maksimal 100 MB.

Namun, WhatsApp tampaknya akan memperbesar batas ukuran file yang bisa dikirim lewat platform. 

Dari bocoran yang diungkap situs WABetaInfo, pengguna WhatsApp nantinya akan dapat mengirim file dengan ukuran hingga 2 GB.

WABetaInfo menyebutkan, fitur kirim file berukuran besar masih diuji coba pada sejumlah pengguna yang sangat terbatas di Argentina, Amerika Selatan.

Fitur ini diuji coba di aplikasi WhatsApp versi beta di iOS dan Android. Untuk pengguna Android, fitur ini tersedia pada versi 2.22.8.5 dan 2.22.8.6. Adapun untuk pengguna WhatsApp iOS, fitur ini diuji pada WhatsApp versi 2.22.8.7.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Terbalik di WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika pengujian ini akhirnya dirilis resmi oleh perusahaan, maka ukuran file media yang bisa dikirimkan pengguna, naik berkali-kali lipat.

WhatsApp uji fitur kirim file media hingga 2 GBWABetaInfo WhatsApp uji fitur kirim file media hingga 2 GB

Dihimpun KompasTekno dari Android Police, Rabu (30/3/2022) dengan demikian pengguna WhatsApp akan bisa mengirim file dengan ukuran yang lebih besar ketimbang di Gmail dan Twitter.

Gmail hanya memungkinkan penguna mengirimkan file paling besar 25 MB. Sementara Twitter menetapkan batas maksimal 1 GB.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi WhatsApp agar Tidak Lemot

Dengan dukungan untuk berkirim file besar, pengguna bisa mengirim berbagai macam media, seperti video dengan durasi yang panjang atau kualitas tinggi.

Selain itu, beberapa kamera smartphone juga kini memiliki ukuran yang besar, seiring kualitas kamera ponsel yang semakin meningkat. Dengan dukungan ini, pengguna bisa mengirimkan banyak foto sekaligus.

Kendati demikian, uji coba ini hanya dilakukan untuk pengguna WhatsApp di Argentina. Belum diketahui kapan fitur ini diluncurkan secara global.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Terbalik di WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.