Kompas.com - 05/04/2022, 15:01 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Seiring dengan waktu dan masa pemakaian, kinerja smartphone biasanya terus menurun, baik itu smartphone entry-level, mid-range, maupun flagship.

Adapun penyebab penurunan performa smartphone yaitu biasanya karena software dan hardware yang digunakan pada ponsel tergerus usia. Hal ini berlaku untuk semua merek smartphone, termasuk Xiaomi.

Menurut halaman Xiaomiui, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab ponsel Xiaomi menjadi lemot.

Salah satu penyebab penurunan kinerja smartphone Xiaomi yaitu memori internal. Seperti CPU dan RAM, memori internal juga memiliki peran besar dalam menunjang kinerja smartphone.

Performa memori internal akan berkurang seiring dengan waktu, sehingga turut berdampak kinerja sistem smartphone.

Baca juga: Samsung Galaxy A33 5G Vs Xiaomi Redmi Note 11, Apa Saja Bedanya?

Hal ini juga terjadi pada komputer atau laptop. Ketika komputer lawas yang menggunakan hard drive (HDD) kinerjanya melambat, performanya kan menjadi lebih baik dengan mengganti HDD ke SSD.

Penyebab dari aspek software

Penyebab penurunan kinerja smartphone Xiaomi lainnya yaitu dari aspek software.

Sistem operasi smartphone sendiri biasanya mendapat pembaruan, namun, terbatas dalam waktu tertentu, misalnya hanya bisa di-update hingga tiga versi Android selanjutnya.

Karena itulah secara perlahan smartphone Xiaomi Anda akan tertinggal dengan standar software baru yang mungkin lebih canggih.

Dengan demikian, ponsel Anda tidak dapat memenuhi dan menysuaikan dengan standar software baru. Faktor ini menurut Xiaomiui membuat kinerja smartphone Xiaomi menurun.

Halaman:
Sumber Xiaomiui


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.