Fitur Baru Google Maps Bisa Tampilkan Biaya Tol, Indonesia Kebagian

Kompas.com - Diperbarui 07/04/2022, 08:29 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Layanan navigasi Google Maps kedatangan fitur baru bernama Toll Prices.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna melihat estimasi biaya tol yang harus dibayar, apabila mereka harus melewati jalan bebas hambatan tersebut.

Nantinya, estimasi biaya tol akan bisa dilihat apabila pengguna mengeklik ikon "i" yang berada di sebelah kanan estimasi waktu perjalanan sebelum memulai navigasi.

Baca juga: Lokasi Tidak Muncul di Google Maps? Begini Cara Mencarinya

Ilustrasi fitur Toll Prices di Google Maps.Google Ilustrasi fitur Toll Prices di Google Maps.
Lalu, biaya tol akan muncul di tampilan selanjutnya, tepatnya di atas tombol "Change toll settings" sebagaimana gambar di atas.

Pengguna juga bisa menonaktifkan fitur Toll Prices dengan mengeklik tombol tersebut dan mematikan toggle "See toll pass prices".

Untuk ketersediaan, Google mengatakan bahwa fitur Toll Prices akan tersedia di sekitar 2.000 ruas jalan tol yang ada di Amerika Serikat (AS), India, Jepang, dan Indonesia mulai bulan ini.

"Anda akan melihat perkiraan harga tol ke tujuan Anda sebelum memulai navigasi berkat informasi tepercaya dari otoritas tol setempat," tulis pihak Google dalam keterangan resminya.

Meski dipastikan akan tersedia di Indonesia, untuk saat ini, berdasarkan pantauan KompasTekno, Rabu (6/4/2022), fitur tersebut masih belum bisa ditemukan.

Saat dicoba, kami belum bisa melihat biaya tol yang harus dibayar untuk ruas tol yang berada di Indonesia, terutama di Jakarta.

Ilustrasi fitur Toll Price di Google Maps yang belum tersedia di Indonesia per Rabu (6/4/2022).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi fitur Toll Price di Google Maps yang belum tersedia di Indonesia per Rabu (6/4/2022).
Ketika kami hendak menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta dari daerah Pondok Gede, misalnya, kami belum bisa melihat harga tol yang harus kami bayar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.