Kompas.com - 09/04/2022, 13:14 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - MediaTek resmi merilis chipset terbarunya, Dimensity 1300. Seperti namanya, chipset ini merupakan penerus dari Dimensity 1200 yang diluncurkan tahun lalu.

Spesifikasi dan kemampuan chipset ini tampak identik dengan pendahulunya. Dimensity 1300 digadang-gadang bakal jadi kompetitor Qualcomm Snapdragon 778G.

Pada segi prosesor (CPU), misalnya, System-on-Chip (SoC) Dimensity 1300 dan 1200 sama-sama dibekali dengan delapan inti (core) CPU yang terdiri dari satu inti Ultra Core (3 GHz), tiga inti Super Cores (2,6 GHz), dan empat inti Efficiency Cores (2,0 GHz).

Lalu, CPU tersebut juga dipadankan dengan chip pengolah grafis (GPU) Arm Mali-G77 MC9 yang memiliki sembilan inti GPU.

Baca juga: Qualcomm vs MediaTek, Ponsel Android Terbelah Dua Kubu Harga

Perbedaan terletak pada teknologi HyperEngine 5.0, sebuah peningkatan dari HyperEngine 3.0 yang diusung Dimensity 1200.

Teknologi HyperEngine sendiri berfungsi untuk meningkatkan pengalaman mobile gaming. Teknologi ini berpengaruh pada kualitas gambar dan grafis serta koneksi jaringan.

MediaTek juga mengeklaim teknologi ini bisa meningkatkan pengalaman pengguna ketika bermain game. Fitur AI-VRS, misalnya, diklaim bisa mempercantik kualitas visual di dalam game.

Selain itu, HyperEngine 5.0 juga bakal mengandalkan berbagai dukungan konektivitas pada chipset, macam Wi-Fi/Bluetooth Hybrid 2.0, Bluetooth LE Audio, hingga 5G agar game online bisa berjalan dengan lancar.

Terlepas dari HyperEngine 5.0, seperti yang sudah disebutkan di atas, spesifikasi Dimensity 1300 lainnya serupa dengan Dimensity 1200.

Chipset ini mendukung layar dengan resolusi Full HD Plus (2520 x 1080 piksel) dan refresh rate hingga 168 Hz, serta kamera denhan resolusi hingga 200 MP yang mendukung mode potrait dengan obyek lebih dari satu orang dan mode perekaman 4K HDR.

Baca juga: MediaTek Masih Unggul dari Qualcomm di Pasar Chipset Global

Di sektor memori, chipset ini memiliki dukungan RAM berjenis LPDDR4X berkecepatan 4266 Mbps dengan besar hingga 16 GB, serta media penyimpanan berjenis UFS 3.1.

Mediatek belum mengumbar smartphone apa saja yang bakal menggunakan Dimensity 1300, begitu juga membagikan perkiraan informasi waktu peluncuran ponsel-ponsel tersebut.

Namun berdasarkan berbagai rumor yang menyeruak, chipset ini bakal mentenagai ponsel kelas menengah terbaru dari OnePlus yang digadang-gadang bakal bernama OnePlus Nord 2T/ Nord 3, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (9/4/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.