Deretan Teknologi yang Bakal Hadir di Smart TV Samsung Tahun Ini

Kompas.com - 21/04/2022, 15:47 WIB

KOMPAS.com - Samsung mengenalkan teknologi anyar yang bakal dipasang di deretan produk Smart TV perusahaan keluaran 2022, termasuk Smart TV seri Neo QLED 8K.

Perwakilan divisi Picture Quality Samsung Electronics, Adam mengatakan bahwa berbagai produk Smart TV dengan panel tersebut akan dibekali aneka teknologi mumpuni, salah satunya adalah 14-Bit Contrast Mapping.

"Kami meningkatkan teknologi pemetaan kontras di Neo QLED 8K kami dari 12-bit ke 14-bit untuk menampilkan warna empat kali lebih presisi di semua jenis gambar, baik itu gelap maupun terang," tutur Adam kepada KompasTekno dalam acara Media Forum 2022 yang digelar secara virtual, Kamis (21/4/2022).

Perbandingan tampilan TV menggunakan teknologi 12-bit Contrast Mapping dan 14-bit Contrast Mapping.Samsung Perbandingan tampilan TV menggunakan teknologi 12-bit Contrast Mapping dan 14-bit Contrast Mapping.

Kemudian ada Shape Adaptive Light Control, sebuah teknologi yang memungkinkan panel Neo QLED 8K di Samsung TV 2022 menampilkan obyek gambar yang terang atau memancarkan sinar dengan baik.

Baca juga: Samsung Kenalkan Smart TV Neo QLED 8K 2022, Dukung Stadia dan NFT

Sebelum meredam cahaya berlebihan, panel TV sendiri akan mengidentfikasi obyek berbentuk bidang dan garis dalam gambar terlebih dahulu. Lalu, panel akan mengontrol kontras dan tingkat kecerahan obyek yang telah diidentifikasi tersebut sedemikian rupa.

"Teknologi ini membuat panel TV bisa menerangkan area yang seharusnya terang, seperti lampu, tanpa membuat efek silau," imbuh perwakilan Lifestyle Samsung Electronics, Becky dalam kesempatan yang sama.

Prosesor AI diperbarui

Samsung juga turut melakukan pembaruan pada teknologi Neural Quantum Processor 8K. Kini, jumlah intinya diperbanyak menjadi 20 unit neural network, meningkat dari 16 unit neural network yang ada pada jajaran Samsung TV 2021 berpanel Neo QLED 8K.

Ilustrasi Neural Quantum Processor 8K.Samsung Ilustrasi Neural Quantum Processor 8K.

Dengan penambahan inti di prosesor kecerdasan buatan (AI) tersebut, sistem TV secara otomatis akan lebih gesit akan menentukan mode gambar apa yang sesuai dengan konten yang sedang ditampilkan.

Baca juga: Ini Beda Smart TV dan Android TV

"Selain itu, Neural Quantum Processor 8K juga bisa melakukan upscaling warna dan detail gambar dengan hasil yang presisi untuk berbagai konten tertentu, seperti berbagai layanan streaming video, YouTube, siaran TV, dan masih banyak lagi," jelas Adam.

Di samping tiga teknologi utama tadi, aneka Smart TV Samsung 2022 berpanel Neo QLED 8K juga bakal dibekali dengan fitur Smart Calibration yang memudahkan pengguna untuk melakukan kalibrasi TV melalui smartphone.

Ada pula fitur Eye Comfort Mode untuk melindungi mata dari sinar biru yang dipancarkan TV, HDR10+ Gaming untuk mempercantik tampilan gambar ketika bermain game, Real Depth Enhancer untuk membuat obyek 3D semakin apik, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.