5 Manfaat Mengaktifkan Mode Pesawat pada Smartphone

Kompas.com - 28/04/2022, 19:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Mode pesawat (airplane mode) merupakan fitur yang secara default ada di setiap smartphone pengguna. Mode pesawat berfungsi untuk mematikan beberapa fitur lain seperti jaringan internet seluler, WiFI, Bluetooth, hingga GPS.

Dengan mengaktifkan mode pesawat, pengguna hanya bisa menggunakan fitur game dan multimedia di smartphone-nya saja. Mode pesawat biasanya diaktifkan ketika seseorang tidak ingin diganggu.

Hal tersebut karena dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna tidak dapat menerima berbagai notifkasi dari berbagai media sosial yang digunakan.

Selain membantu pengguna terhindar dari berbagai notifikasi, terdapat manfaat lain ketika mengaktifkan mode pesawat. Untuk selengkapnya berikut ini beberapa manfaat mode pesawat ketika diaktifkan.

Baca juga: Tips Hemat Baterai HP Saat Dipakai untuk WiFi Tethering

Menghemat baterai

Saat ponsel dalam keadaan mode pesawat, ini akan membuat aktivitas penggunaan ponsel dari pengguna juga menurun. Hal ini akan membuat daya tahan baterai lebih terjaga dan membuat baterai ponsel lebih awet.

Pengisian daya ponsel menjadi lebih cepat

Manfaat mode pesawat lain adalah jika Anda mengisi daya ponsel, mode pesawat membuat pengisian daya menjadi lebih cepat. Hal tersebut karena saat mode pesawat aktif, tidak ada aplikasi yang melakukan pembaruan, atau notifikasi yang menyala.

Tidak terganggu dengan berbagai notifikasi yang masuk

Jika Anda membutuhkan ketenangan dan rehat sejenak dari berbagai aktifitas smartphone dan media sosial, mode pesawat cocok untuk diaktifkan. Hal ini bermanfaat agar pengguna tidak terlalu sering mengecek ponsel dan Anda pun lebih menikmati waktu istirahat.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul

Mengurangi paparan radiasi EMF

Radiasi Electromagnetic Field (EMF) merupakan radiasi yang berasal dari perangkat elektronik seperti smartphone, Wi-Fi, komputer, dan lainnya. Radiasi ini dapat menganggu kelainan jaringan dan metabolisme sel saraf di otak.

Dengan mengaktifkan mode pesawat, ini akan membuat Anda mengurangi paparan radiasi EMF yang terpancar dari smartphone.

Menghemat data internet

Selain beberapa manfaat di atas, mode pesawat juga dapat menghemat penggunaan data internet Anda. Tentu saja hal ini karena pengguna tidak akan melakukan aktifitas berselancar di internet maupun bermain media sosial yang memerlukan banyak kuota internet.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mengaktifkan mode pesawat sesekali terutama saat sedang dalam keadaan istirahat atau hari libur.

Baca juga: Tarif PPN 11 Persen Berlaku, Harga Kuota Data dan Pulsa Semua Operator Naik

Itulah beberapa manfaat mengaktifkan mode pesawat yang bisa Anda coba. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.