Tips Hemat Baterai HP Saat Dipakai untuk WiFi Tethering

Kompas.com - 19/12/2021, 10:16 WIB

KOMPAS.com - Mengakses internet tak melulu mengandalkan jaringan LAN atau WiFi. Terdapat alternatif lain yang bisa digunakan, salah satunya adalah menggunakan fitur mobile hotspot atau WiFi tethering dengan ponsel.

Mobile Hotspot atau tethering merupakan cara praktis pengguna untuk saling berbagi koneksi internet melalui ponsel. Fitur hotspot ini dapat diaktifkan pada pengguna Android maupun iPhone dengan sangat mudah.

Namun, menggunakan hotspot atau tethering tentu memiliki efek boros pada baterai ponsel, terlebih lagi jika penggunaan terlalu lama dan sering. Dampak baterai ponsel yang boros tentu dapat memengaruhi performa ponsel.

Baca juga: Cara Aktifkan Tethering, Bikin Hotspot WiFi dengan Smartphone

Untuk mengatasi hal ini, berikut KompasTekno rangkum tips menghemat baterai hp saat tetthering atau digunakan sebagai mobile hotspot.

Mematikan Fitur WiFi

Jika Anda sudah terhubung dengan mobile hotspot, tak perlu lagi menyalakan fitur WiFi. Hal ini akan membuat ponsel Anda menghabiskan banyak daya. Fitur WiFi yang menyala akan membuat ponsel terus mencari jaringan WiFi yang tersedia.

WiFi juga tidak berfungsi secara bersamaan dengan fitur hotspot. Maka dari itu jika sudah tidak memerlukannya, segera matikan ikon WiFi agar daya baterai tetap awet.

Matikan GPS

Sama seperti jaringan WiFi, terkadang fitur GPS akan terus menyala di ponsel. Sebaiknya saat Anda tethering atau terhubung dengan hotspot, cek apakah fitur GPS menyala atau tidak.

Jika GPD masih menyala, sebaiknya segera matikan fitur tersebut agar penggunaan baterai tidak semakin boros.

Untuk mematikan fitur ini cukup mudah sekali. Pada pengguna iPhone masuk ke Setting > Privacy > Location > lalu geser toggle menjadi off.

Pada pengguna Android, masuk ke Setting > Location > lalu geser toggle menjadi off.

Halaman:
Sumber lifeware


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.