Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZTE Axon 40 Ultra Resmi, Ponsel Snapdragon 8 Gen 1 dan Kamera Depan di Bawah Layar

Kompas.com - 10/05/2022, 13:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - ZTE Axon 40 Ultra resmi diluncurkan di China. Smartphone ini hadir sebagai ponsel flagship premium yang dikemas dengan sejumlah spesifikasi tinggi, khususnya dibandingkan dengan "saudaranya" Axon 40 Pro yang diluncurkan bersamaan.

Istimewanya, ZTE Axon 40 Ultra hadir dengan kamera depan di bawah layar. Ini membuat ZTE Axon 40 Ultra menjadi ponsel dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 pertama dengan kamera depan di bawah layar.

Dengan ditempatkannya kamera depan di bawah layar, ZTE Axon 40 Ultra tampil dengan layar penuh seolah tanpa bezel. Sebab, layarnya didesain agak melengkung ke sisi kanan dan kiri.

Kamera di bawah layar yang diusungnya ini juga membuat tampilan depan ZTE Axon 40 Ultra didominasi layar.

Baca juga: Joe Biden Bikin Huawei dan ZTE Makin Merana

Layarnya sendiri memiliki bentang 6,81 inci dengan panel AMOLED dan resolusi Full HD+ (2480 x 1116) dengan refresh rate 120 Hz, color gamut DCI-P3 100 persen, warna 10-bit, dan kerapatan pixel 400 ppi.

Beralih ke dapur pacu, smartphone ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 besutan Qualcomm yang dirancang dengan arsitektur 4 nm.

Chip ini dipasangkan dengan tiga opsi RAM hingga 16 GB LPDDR5 dan tiga opsi penyimpanan hingga 1 TB yang didukung teknologi memori UFS 3.1.

Adapun daya tahannya ditopang oleh baterai berkapasitas 5000 mAh yang didukung teknologi pengisian ulang cepat (fast charging) 80 watt. Pengguna juga dapat menggunakan charger nirkabel karena ZTE Axon 40 Ultra mendukung pengisian ulang wireless.

Guna menjaga suhu smartphone tetap stabil, smartphone ini dilengkapi dengan pendingin yang mencakup area dalam perangkat seluas 36,356mm2.

ZTE Axon 40 Ultra meluncur di ChinaZTE ZTE Axon 40 Ultra meluncur di China

Pada aspek kamera, ZTE Axon 40 Ultra mengusung kamera depan 16 MP yang ditempatkan di bawah layar. ZTE menggunakan teknologi kamera bawah layar generasi ketiga yang dilengkapi dengan driver piksel independen, sirkuit transparan dan chip layar UDC Pro.

Berkat teknologi ini, kamera depan ZTE Axon 40 Ultra menjanjikan hasil yang sama dengan kamera selfie ponsel flagship lainnya.

Baca juga: Manuver Huawei, ZTE, dan Xiaomi Melawan Blacklist AS

Sementara kamera belakangnya mengusung konfigurasi tiga kamera yang ketiganya memiliki resolusi 64 MP.

Konfigurasi kameranya meliputi kamera utama 64 MP dengan sensor Sony IMX787 (f/1.6) dengan penstabil gambar OIS, PDAF, dan Laser AF. Kamera lainnya yaitu ultrawide 64 MP (f/2.4) dan telefoto periskop 64 MP (f/3.5) yang juga didukung PDAF dan OIS.

Ketiga kamera tersebut disebut dapat merekam video pada resolusi 8K. ZTE turut menyematkan sensor flicker untuk meminimalisasi kerlipan cahaya, sensor ToF, serta tiga mikrofon untuk perekaman video ketika objek diperbesar (zoom).

Fitur lainnya yang hadir pada ZTE Axon 40 Ultra yaitu speaker ganda DTS Ultra, X-axis linear motor, dukungan kartu SIM ganda, WiFi 6E, GPS frekuensi ganda, NFC dan port USB-C.

Halaman:
Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com