Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Kamera 108 MP di Samsung Galaxy A73 5G, Sebagus Apa Hasilnya?

Kompas.com - 10/05/2022, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy A73 5G telah dipasarkan di Indonesia sejak Maret 2022 dengan harga Rp 7,8 juta.

Secara hierarki, Galaxy A73 5G merupakan ponsel tertinggi di jajaran Galaxy A series untuk saat ini. Salah satu spesifikasi istimewa yang dibawa ponsel adalah kamera utama dengan resolusi 108 MP.

Ini adalah pertama kalinya kamera 108 MP hadir di ponsel Samsung kelas menengah lewat lini Galaxy A. Biasanya, Samsung menyematkan kamera dengan resolusi sebesar itu hanya di seri flagship, seperti Galaxy S22 Ultra, misalnya.

Baca juga: Unboxing dan Hands-on Galaxy A73 5G, Samsung A Series Pertama dengan Kamera 108 MP

Kamera utama 108 MP (f/1.8) Galaxy A73 5G itu ditemani dengan tiga kamera belakang lainnya, yaitu kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera depth sensor 5 MP (f/2.4), dan kamera makro 5 MP (f/2.4).

Sementara di bagian depan, Samsung menyertakan kamera 32 MP (f/2.2) untuk keperluan swafoto dan video call.

Dari pengalaman KompasTekno saat menjajalnya, secara keseluruhan, hasil foto yang dihasilkan dari kamera Galaxy A73 5G ini terbilang bagus. Terutama hasil foto dari kamera utama (wide) 108 MP.

Hasil jepretan kamera utama 108 MP Galaxy A73 5G, baik di dalam maupun luar ruangan. Hasilnya, foto terlihat terang, detail, dan tajam.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil jepretan kamera utama 108 MP Galaxy A73 5G, baik di dalam maupun luar ruangan. Hasilnya, foto terlihat terang, detail, dan tajam.
Ketika memotret dalam kondisi cahaya cukup, baik di dalam maupun luar ruangan, kamera utama 108 MP pada mode normal mampu menangkap warna dan detail objek dengan jelas. Hasilnya pun terbilang terang.

Dalam situasi cuaca mendung, kamera utama 108 MP Galaxy A73 5G ini juga masih dapat menghasilkan gambar yang detail dengan saturasi tinggi sehingga tampak mencolok, seperti gambar di bawah ini.

Hasil jepretan kamera utama 108 MP saat kondisi cuaca mendung.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil jepretan kamera utama 108 MP saat kondisi cuaca mendung.
Mode resolusi penuh 108 MP

Untuk memperkaya pengalaman pengguna, Samsung menyertakan berbagai fitur fotografi ke Galaxy A73 5G. Salah satunya mode resolusi penuh 108 MP (hanya dalam rasio 3:4).

Pengguna bisa memotret dengan resolusi penuh sebesar 108 MP untuk memaksimalkan ketajaman. Mode resolusi penuh ini juga bakal menghasilkan gambar yang jauh lebih terang ketimbang dengan mode normal.

Hal tersebut dimungkinkan karena Samsung menerapkan teknik "nona-binning" pada kamera 108 MP pada Galaxy A73 5G.

Teknik "nona-binning" bekerja dengan cara menggabungkan sembilan piksel menjadi satu piksel menggunakan AI. Teknologi ini menjanjikan gambar yang lebih detail dan cerah.

Baca juga: Ini Kelebihan Kamera 108 MP di Samsung Galaxy A73 5G, Bukan Cuma Resolusi Besar

kamera 108 MP pada Galaxy A73 5G sudah dilengkapi dengan ukuran sensor yang besar, yaitu 0,64 mikron.

Sehingga kombinasi teknik "nona-binning" dan ukuran piksel yang besar ini menjanjikan kamera 108 MP pada Galaxy A73 5G dapat menghasilkan gambar dengan resolusi yang tinggi, yaitu 12.000 x 9000 piksel.

Selain itu, hasil gambar dari bidikan kamera utama ponsel ini juga disebut akan lebih detail dan terang, seperti gambar di bawah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com