Kompas.com - 19/05/2022, 08:15 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pabrikan pesawat Amerika Serikat (AS), Boeing, tertarik untuk menggunakan sumber bahan bakar pesawat terbarukan (biofuel) crude palm oil (CPO) dari Indonesia.

Hal itu disampaikan Senior Vice President Boeing, Michael A. Arthur saat bertemu dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya di acara Changi Aviation Summit, Rabu (18/5/2022).

"Mereka akan membentuk tim untuk mempelajari penggunaan CPO, bukan hanya yang segar, namun, juga yang sisa-sisa (jelantah) untuk digunakan sebagai bahan bakar," kata Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto kepada awak media.

Baca juga: Menhub Terkejut, Indonesia Ditawari Masuk Anggota Dewan ICAO

Boeing dikatakan Novie, akan mengajak pabrikan mesin pesawat seperti General Electrics (GE), untuk melakukan penelitian.

Sebelumnya pada 2021 lalu, Indonesia sendiri telah melakukan uji coba penggunaan biofuel untuk bahan bakar mesin pesawat, dengan menggunakan pesawat CN235. Biofuel yang dipakai saat itu adalah 10 persen, dan ke depannya akan ditingkatkan.

Bahan bakar pesawat terbarukan atau biofuel yang dibuat dari CPO, atau sisa minyak goreng, memang sedang diteliti penggunaannya oleh pabrikan pesawat seperti Boeing dan Airbus.

Boeing telah menyatakan komitmennya untuk menggunakan 100 persen bahan bakar pesawat terbarukan pada 2030 nanti.

Sejumlah uji coba telah dilakukan, seperti pada 2009 lalu bersama maskapai Air New Zealand, di mesin CFM pesawat B747.

Pada 2018, Boeing ecoDemonstrator (pesawat testbed Boeing untuk program ramah lingkungan) melakukan penerbangan komersil menggunakan bahan bakan terbarukan menggunakan pesawat kargo B777 FedEx Express.

Pesawat B777 ecoDemonstrator.Boeing Pesawat B777 ecoDemonstrator.

Para pelaku industri penerbangan juga telah berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sebanyak 50 persen (dari level emisi 2005) pada 2050 nanti. Pesawat-pesawat buatan pabrikan diharapkan bisa terbang 100 persen menggunakan biofuel sebelum 2050.

Baca juga: Menhub Budi Karya Pamer Keberhasilan Penanganan Mudik Lebaran 2022 di Changi Aviation Summit

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.