Kompas.com - 17/05/2022, 12:00 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Dalam ajang Changi Aviation Summit di Singapura, Selasa (17/5/2022), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan keberhasilan Indonesia dalam menangani trafik penumpang pesawat saat Lebaran, di masa pandemi Covid-19.

Diterangkan Budi Karya, pada periode mudik Lebaran 2022 lalu, maskapai Indonesia kekurangan armada pesawat yang beroperasi. Sementara dari sisi jumlah penumpang ada lonjakan, karena momentum Lebaran atau Idulfitri 2022.

Namun demikian, Budi Karya mengeklaim bahwa maskapai tetap mampu melayani lonjakan penumpang, meski jumlah armada pesawat milik maskapai belum maksimal, akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Menhub Budi Karya Akan Bertemu Petinggi Airbus dan Boeing di Singapura

Jumlah pesawat yang berkurang ini salah satunya dikarenakan ketidakmampuan secara ekonomi dari maskapai. Menurut Budi Karya, saat ini jumlah pesawat milik maskapai dengan CSR 121 dan 135 di Indonesia, dari 550 pesawat, yang bisa beroperasi adalah 350 pesawat.

"Maskapai mengoptimalkan rotasi pergerakannya sehingga lonjakan penumpang yang terjadi tetap dapat terlayani dengan baik," kata Budi Karya.

Jumlah pergerakan pesawat dan penumpang di masa mudik tahun ini memang menembus angka tertinggi selama pandemi Covid-19, dan hampir mendekati masa sebelum pandemi pada tahun 2019.

Pada Lebaran/Idulfitri 2022, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat jumlah penumpang pada H-1 lebaran adalah 179.000, sementara pada Idulfitiri 2019, jumlahnya 169.000.

Bandara Soekarno-Hatta yang biasanya melayani 1.200 pergerakan pesawat dalam sehari, sekarang ini sudah mencapai 1.070 pergerakan pesawat per hari.

"Dari H-3 Lebaran sampai sekarang terus tidak turun dari 1.070 pergerakan pesawat," ujar Budi Karya.

Untuk jumlah penumpang dalam satu tahun sendiri, sebelum pandemi, pada 2019 lalu, total jumlah penumpang di Indonesia mencapai 117 juta.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.