Kompas.com - 20/05/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Xiaomi mencatat penurunan pendapatan (revenue) antar-kuartal untuk pertama kalinya. Ini terjadi pada kuartal I-2022.

Dalam periode tiga bulan pertama di 2022 tersebut (Januari-Maret), total pendapatan Xiaomi tercatat di angka 73,4 miliar yuan (sekitar Rp 160 triliun).

Angka pendapatan ini menurun 4,6 persen dari periode yang sama tahun lalu yang tercatat di 76,9 miliar yuan (sekitar Rp 167 triliun).

Jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, yaitu kuartal IV-2021, total pendapatan di periode pertama tahun ini bahkan menurun tajam hingga 14,3 persen.

Baca juga: Cara Menghapus Bloatware di HP Xiaomi Agar Tidak Lemot

Pada periode akhir tahun 2021 tersebut, pendapatan Xiaomi tercatat di angka 85,6 miliar yuan (sekitar Rp 186 triliun), meningkat 21,4 persen apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (kuartal IV-2020).

Menurut Presiden Xiaomi Corporation Wang Xiang, penurunan ini sebagian besar disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang kembali melanda China, terutama kebijakan lockdown di kota besar seperti Shanghai yang dikenal sebagai pusat bisnis di China.

"Pandemi Covid-19 di China sangat mempengaruhi operasi dan logistik kami di sana. Hal ini juga berpengaruh pada keinginan konsumen untuk membeli ponsel baru," kata Wang dalam sebuah pernyataan, dikutip KompasTekno dari YahooFinance, Jumat (20/5/2022).

"Selain itu, masalah pasokan komponen (yang melanda dunia) juga mempengaruhi pengiriman produk Xiaomi secara global," imbuh Wang.

Kotak kemasan dan unit ponsel Xiaomi 12 Pro.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Kotak kemasan dan unit ponsel Xiaomi 12 Pro.

Di samping pandemi Covid-19, penurunan pendapatan Xiaomi di awal tahun 2022 ini juga kemungkinan dipengaruhi oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Pasalnya, Co-CEO Semiconductor Manufacturing International Corp. (SIMC) Zhao Haijun sempat mengatakan bahwa perang tersebut bisa memangkas pengiriman smartphone global di tahun 2022 sebanyak 200 juta unit.

Baca juga: Xiaomi Redmi 10A Resmi di Indonesia, Harga Rp 1,5 Jutaan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.