Kompas.com - 21/06/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Fitur reactions di Whatsapp telah resmi dirilis pada Mei 2022 lalu. Informasi tersebut diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui akun Facebook-nya.

Selang sebulan, beredar bocoran pembaruan fitur reactions yang bakal menampilkan lebih banyak opsi emoji. Seperti diketahui, fitur reactions saat ini hanya menampilkan enam emoji.

Keenam emoji tersebut terdiri dari emoji jempol, hati, tertawa, sedih, terkejut hingga emoji kedua tangan simbol terimakasih.

Menurut WA Beta Info, situs yang kerap membocorkan bakal fitur baru WhatsApp, uji coba reactions dengan lebih banyak emoji saat ini baru masuk tahap uji coba beta untuk perangkat iOS lewat TestFlight. TestFlight merupakan program beta WhatsApp yang dibuka untuk pengguna iOS.

Baca juga: Fitur WhatsApp Reactions Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Dirangkum dari 9to5Mac, uji coba yang sama konon sudah hadir di WhatsApp versi Android dan Desktop.

Bocoran update fitur WhatsApp reaction

WA Beta Info turut mengunggah tangkapan layar (screenshot) update fitur reaction di WhatsApp. Berdasarkan gambar itu, nantinya, akan ada tombol tambah (+) di sisi kanan deretan emoji yang sudah ada saat ini.

Untuk memunculkan deretan emoji itu, pengguna cukup menekan dan menahan (tap and hold) pesan yang ingin diberi reaksi. Setelah mengetuk ikon (+), akan muncul pilihan emoji yang bisa digunakan.

Tampilannya akan serupa ketika pengguna mengetuk ikon emoji dari menu textbox (kolom pesan). Tampak dari gambar di bawah ini, muncul emoji hati warna hijau, yang sebelumnya tidak ada di opsi emoji reaction.

Baca juga: 3 Fitur Baru WhatsApp Meluncur, Reactions Hingga Tampung 512 Anggota Grup

Whastapp mengumumkan akan melakukan pembaruan fitur reactions emoji untuk pengguna iOS (Sumber: WA Beta Info Whastapp mengumumkan akan melakukan pembaruan fitur reactions emoji untuk pengguna iOS (Sumber: WA Beta Info

Pengguna juga dapat melakukan pencarian mandiri untuk menentukan emoji apa yang akan diberikan untuk menanggapi pesan. Caranya adalah dengan mengetik nama emoji di kolom pencarian (search).

Nantinya, emoji yang sebelumnya telah dipilih oleh pengguna akan tersimpan otomatis di kolom “Recent Reactions”. Sehingga, pengguna bisa mudah menggunakannya kembali.

Dirangkum KompasTekno dari WA Beta Info, Selasa (21/6/2022), pembaruan fitur reaction sedang dalam uji coba beta untuk perangkat iOS versi 2.22.13.74. dan perangkat Android versi 2.22.10.9.

Belum diketahui, kapan WhatsApp akan memperluas uji coba pembaruan fitur reactions ini dan kapan akan resmi disebar ke seluruh penggunanya.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Reactions, Beri Emoji di Chat Pribadi atau Grup

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.