Sosialisasi Mulai Hari Ini, Begini Cara Beli Minyak Goreng Rp 14.000 via Aplikasi PeduliLindungi

Kompas.com - 27/06/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR) atau minyak goreng Rp 14.000, telah ditetapkan pemerintah bakal memakai aplikasi PeduliLindungi atau bisa pula menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Sistem pembelian minyak goreng Rp 14.000 lewat PeduliLindungi itu ditetapkan setelah kebijakan subsidi minyak goreng dicabut dan digantikan dengan penerapan Domestic Market Obligation (DMO) serta Domestic Price Obligation (DPO).

Baca juga: Apa Itu MyPertamina yang Bakal Dipakai buat Beli Pertalite dan Solar?

Sebagaimana umum diketahui, PeduliLindungi adalah aplikasi yang telah dipakai pemerintah untuk mengawasi penyebaran virus Covid-19, berdasar status kesehatan dan vaksinasi dari pemilik NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terdapat di dalamya.

Saat ini, aplikasi itu bakal dipakai pula untuk mengawasi sistem distribusi dan pembelian minyak goreng agar sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET). Adapun HET dari MGCR adalah Rp 14.000 per Liter atau Rp 15.500 per Kilogram (Kg).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, penerapan sistem tersebut dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga MGCR bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Penggunaan PeduliLindungi berfungsi menjadi alat pemantau dan pengawasan di lapangan, untuk memitigasi potensi penyelewengan yang dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng”, kata Luhut lewat akun Instagram dengan handle @luhut.pandjaitan, pada Sabtu (25/6/2022).

Setiap NIK, dikatakan Luhut, nantinya bisa membeli minyak goreng sesuai HET maksimal hingga 10 Kg per hari lewat aplikasi PeduliLindungi. Lantas, bagaimana cara beli minyak goreng Rp 14.000 lewat aplikasi PeduliLindungi?

Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini mengenai cara beli minyak goreng Rp 14.000 via aplikasi PeduliLindungi yang bakal diterapkan pemerintah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari akun Instagram dengan handle @minyakita.id.

Cara beli minyak goreng Rp 14.000 via aplikasi PeduliLindungi

  • Masyarakat datang ke toko pengecer resmi yang menjual minyak goreng Rp 14.000.
  • Toko pengecer resmi tersebut ditandai dengan adanya kode QR untuk pembelian MGCR.
  • Setelah tiba ke toko pengecer, masyarakat bisa membuka aplikasi PeduliLindungi dan memulai memindai kode QR untuk pembelian MGCR.
  • Jika hasil pemindaian berstatus warna hijau maka masyarakat bisa membeli MGCR (pembelian MGCR dibatasi maksimal 10 Kg per NIK dalam satu hari).
  • Bila hasil pemindaian berstatus warna merah maka masyarakat tidak bisa melanjutkan pembelian MGCR.
  • Dalam hal pembelian MGCR, masyarakat nanti bisa melihat informasi mengenai lokasi terdekat toko pengecer resmi lewat situs web www.minyak-goreng.id.

Sementara itu, bagi masyarakat yang tidak memiliki aplikasi PeduliLindungi, pembelian minyak goreng Rp 14.000 dapat dilakukan dengan menunjukkan KTP yang berisi NIK ke pengecer.

Kapan bisa beli minyak goreng Rp 14.000 via aplikasi PeduliLindungi?

Untuk pemberlakukan sistem ini, Luhut mengatakan bahwa pembelian minyak goreng Rp 14.000 via aplikasi PeduliLindungi bakal mulai berjalan setelah dua minggu masa sosialisasi berakhir, terhitung dari 27 Juni 2022.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.