Snapchat Punya Layanan Berbayar, tapi Masih Ada Iklannya?

Kompas.com - 01/07/2022, 16:03 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Snapchat kini menjadi salah satu aplikasi yang menawarkan layanan berbayar. Induk perusahaannya, Snap, resmi meluncurkan layanan Snapchat Plus.

Selayaknya layanan berbayar, Snapchat Plus dilengkapi dengan fitur eksklusif dan akses prioritas ke fitur tertentu.

"Layanan langganan ini ditujukan untuk orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk berkomunikasi dengan teman dekat di Snap," katat SVP Produk Snap, Jacob Andreou.

Menurut Andreou, layanan berbayar Snapchat Plus tidak menjadi sumber pendapatan baru dan utama bagi perusahaan, di luar iklan.

Baca juga: Cara Membuat Video di Snapchat dengan Mudah

Untuk memakai Snapchat Plus, pengguna harus membayar biaya langganan 3,99 dollar AS per bulan atau setara Rp 60.000.

Fitur eksklusif Snapchat Plus

Tampilan Snapchat Plus agak dibuat berbeda dengan aplikasi Snapchat reguler. Fitur yang membedakan adalah kemampuan untuk mengubah gaya ikon aplikasi, memantau siapa yang melihat ulang story, hingga menandai (pin) salah satu teman prioritas sebagai "BFF" agar tampil paling atas pada daftar obrolan.

Fitur Snapchat PlusSnap Fitur Snapchat Plus
Ke depannya Andreou berkata bahwa fitur seperti pin BFF akan tetap ditujukan bagi pengguna Snapchat Plus. Adapun fitur lain yang secara umum memfasilitasi komunikasi pengguna dengan orang lain, akan tersedia untuk semua pengguna.

Meski dikategorikan sebagai layanan berbayar, Snapchat Plus disinyalir masih akan tetap diwarnai iklan. Indikasinya, Andreou mengatakan bahwa "iklan akan menjadi inti dari model bisnis kami untuk jangka panjang".

Layanan berbayar Snapchat sendiri menurut Andreou sudah dipertimbangkan perusahaan sejak tahun 2016. Namun, saat itu pihaknya merasa bahwa layanan berbayar belum diperlukan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (1/7/2022)

Baca juga: Induk Snapchat Ogah Latah Tren Metaverse karena Konsepnya Masih Ambigu

Sejak dua pekan lalu, uji coba Snapchat Plus terungkap melalui kode aplikasi.

Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.