Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapchat Punya Layanan Berbayar, tapi Masih Ada Iklannya?

Kompas.com - 01/07/2022, 16:03 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Snapchat kini menjadi salah satu aplikasi yang menawarkan layanan berbayar. Induk perusahaannya, Snap, resmi meluncurkan layanan Snapchat Plus.

Selayaknya layanan berbayar, Snapchat Plus dilengkapi dengan fitur eksklusif dan akses prioritas ke fitur tertentu.

"Layanan langganan ini ditujukan untuk orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk berkomunikasi dengan teman dekat di Snap," katat SVP Produk Snap, Jacob Andreou.

Menurut Andreou, layanan berbayar Snapchat Plus tidak menjadi sumber pendapatan baru dan utama bagi perusahaan, di luar iklan.

Baca juga: Cara Membuat Video di Snapchat dengan Mudah

Untuk memakai Snapchat Plus, pengguna harus membayar biaya langganan 3,99 dollar AS per bulan atau setara Rp 60.000.

Fitur eksklusif Snapchat Plus

Tampilan Snapchat Plus agak dibuat berbeda dengan aplikasi Snapchat reguler. Fitur yang membedakan adalah kemampuan untuk mengubah gaya ikon aplikasi, memantau siapa yang melihat ulang story, hingga menandai (pin) salah satu teman prioritas sebagai "BFF" agar tampil paling atas pada daftar obrolan.

Fitur Snapchat PlusSnap Fitur Snapchat Plus
Ke depannya Andreou berkata bahwa fitur seperti pin BFF akan tetap ditujukan bagi pengguna Snapchat Plus. Adapun fitur lain yang secara umum memfasilitasi komunikasi pengguna dengan orang lain, akan tersedia untuk semua pengguna.

Meski dikategorikan sebagai layanan berbayar, Snapchat Plus disinyalir masih akan tetap diwarnai iklan. Indikasinya, Andreou mengatakan bahwa "iklan akan menjadi inti dari model bisnis kami untuk jangka panjang".

Layanan berbayar Snapchat sendiri menurut Andreou sudah dipertimbangkan perusahaan sejak tahun 2016. Namun, saat itu pihaknya merasa bahwa layanan berbayar belum diperlukan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (1/7/2022)

Baca juga: Induk Snapchat Ogah Latah Tren Metaverse karena Konsepnya Masih Ambigu

Sejak dua pekan lalu, uji coba Snapchat Plus terungkap melalui kode aplikasi.

Kini layanan Snapchat Plus resmi dirilis oleh Snap, perusahaan induk Snapchat dan tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Prancis, Jerman, Australia, Selandia Baru, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Susul Telegram

Belum lama ini Telegram juga mengumumkan layanan berbayar yang disebut Telegram Premium.

Dibanding Telegram "biasa", Telegram Premium menawarkan sejumlah fitur eksklusif seperti konfersi pesan suara ke teks, kustomisasi folder chat utama, ukuran file yang diunggah sampai 4 GB dan fitur lainnya.

Selain Telegram, Twitter dan Youtube juga menyediakan layanan berlangganan yang disebut Twitter Blue dan YouTube Premium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com