Apakah Mengaktifkan Auto Brightness Bisa Menguras Baterai iPhone?

Kompas.com - 09/07/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Auto Brightness atau Kecerahan Otomatis merupakan fitur yang jamak ditemukan pada smartphone saat ini, tak terkecuali dengan iPhone. Sebagian dari Anda pun, mungkin sudah tak asing lagi dengan fitur yang satu ini.

Sebagaimana umum diketahui, fungsi Kecerahan Otomatis iPhone adalah untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis, berdasar kondisi pencahayaan yang terdapat pada sebuah lokasi tertentu.

Baca juga: iPhone Sebelum Dirilis Hampir Dinamai “iPad” atau “Tripod”?

Biasanya, ketika Anda di lokasi dengan kondisi pencahayaan yang terang, Auto Brightness bakal meningkatkan kecerahan layar iPhone. Sebaliknya, fitur ini akan menurunkan tingkat kecerahan layar saat iPhone berada di lokasi dengan pencahayaan minim.

Fitur Auto Brightness di iPhone sendiri dapat bekerja dengan memanfaatkan perangkat keras sensor Ambient Light. Sensor ini umumnya terletak pada bagian notch di sebelah kiri speaker atas iPhone.

Dalam pengaturan perangkat, Auto Brightness akan diaktifkan oleh sistem iPhone secara default. Saat fitur dari sensor Ambient Light diaktifkan maka bakal membutuhkan konsumsi daya dari baterai iPhone.

Layaknya fitur lain di iPhone, Auto Brightness juga bisa beroperasi lantaran terdapat daya yang dikonsumsi, di samping adanya fungsi sensor yang aktif.

Dengan turut serta mengonsumsi daya, lantas apakah menggunakan Kecerahan Otomatis boros baterai? Penjelasan soal pengaruh Auto Brightness terhadap masa pakai baterai iPhone sejatinya dapat dilihat di pengaturan perangkat.

Pada menu pengaturan fitur Kecerahan Otomatis iPhone, tertera peringatan dari sistem bahwa, “Jika kecerahan otomatis dimatikan, masa pakai baterai dan kinerja jangka panjang dari layar dapat terpengaruh.”

Berdasar peringatan tersebut dapat diketahui, pengoperasian Kecerahan Otomatis iPhone bisa turut mempengaruhi masa pakai baterai. Perlu diketahui, masa pakai baterai adalah durasi penggunaan baterai sebelum perlu diisi ulang kembali.

Pengaruh Auto Brightness iPhone

Apabila diketahui Kecerahan Otomatis iPhone berpengaruh terhadap masa pakai baterai, lalu seberapa besar pengaruhnya? Secara konsep, besarnya pengaruh itu dapat dilihat dari pengoperasian fitur Mode Daya Rendah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.