iPhone 14 dan Penerusnya Bakal Pakai Chip Lama?

Kompas.com - 07/07/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Setiap tahunnya, Apple rajin meluncurkan jajaran iPhone generasi terbaru.

Biasanya, seluruh lini iPhone yang dirilis dibekali dengan chipset terbaru yang sama. Misalnya, tiga model iPhone 11 series (2019) ditenagai chip Apple A13 Bionic.

Selanjutnya, pada 2020, keempat model iPhone 12 series ditenagai chip Apple A14 Bionic. Pada 2021, keempat model iPhone 13 series juga kompak dibekali chipset terbaru Apple A15 Bionic.

Namun, tradisi penggunaan chip baru pada seluruh model iPhone generasi terbaru itu diprediksi bakal berubah mulai tahun ini dan seterusnya. Setidaknya begitulah menurut Ming-chi Kuo, seorang analis dan pembocor ulung berbagai produk Apple.

Baca juga: Bocoran iPhone 14, Tidak Ada Versi Mini dan Pakai Chip Lama?

Tahun 2022 ini, Apple diprediksi bakal memperkenalkan empat model iPhone 14 series, yaitu iPhone 14 "reguler", iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Bila mengikuti tradisi Apple sebelumnya, keempat iPhone 14 series itu semestinya ditenagai chip terbaru yang diyakini bernama Apple A16 Bionic.

Alih-alih seluruh model, Kuo memprediksi, chip terbaru Apple A16 Bionic itu hanya akan disematkan pada iPhone versi "Pro", yakni pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Selama ini, iPhone versi "Pro" memang diposisikan sebagai model teratas di lini iPhone. Jadi, tak heran bila model "Pro" dibekali dengan spesifikasi yang lebih mumpuni dibanding "saudaranya".

Baca juga: Tradisi Kamera 12 Megapiksel Berhenti di iPhone 14?

Sementara untuk iPhone 14 "reguler" dan iPhone 14 Max, Kuo meramalkan bahwa keduanya bakai ditenagai chip lama Apple A15 Bionic. Chip tersebut adalah chip yang sama yang digunakan pada jajaran iPhone 13 Series tahun lalu.

Bila prediksi Kuo akurat, maka iPhone 14 dan iPhone 14 Max menjadi model iPhone pertama yang ditenagai chip lama dalam satu dekade terakhir ini.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber MacRumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.