Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Hasilkan Foto Portrait Cantik di Malam Hari

Kompas.com - 10/07/2022, 17:04 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berbagai smartphone masa kini dibekali dengan fitur kamera yang bisa meningkatkan kualitas gambar di segala kondisi, baik itu di kondisi siang atau malam hari.

Meski demikian, ada sejumlah hal yang harus Anda perhatikan apabila Anda ingin menghasilkan foto portrait, alias foto wajah yang latar belakangnya buram (bokeh), dengan baik, terutama di kondisi pencahayaan kurang seperti malam hari.

Beberapa di antaranya seperti kondisi cahaya sekitar, latar belakang subyek yang difoto, hingga ekspresi wajah dari subyek yang ada di dalam bidikan (frame). 

Nah, KompasTekno merangkum lima tips untuk menghasilkan foto portrait malam hari yang ciamik. Apa saja? Simak tipsnya dalam daftar berikut.

Baca juga: 5 Fitur Gaming di Oppo Reno 7 4G

Perlu dicatat, untuk membuat tips ini, kami memakai ponsel Oppo Reno7 4G yang dibekali dengan tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.7), kamera mikroskop 2 MP (f/3.3), dan kamera mono 2 MP (f/2.4). 

Ponsel ini sudah memiliki sejumlah fitur Portrait mumpuni, salah satunya adalah fitur Bokeh Flare Portrait yang bisa membuat efek bokeh elegan, di mana aneka lampu yang berada di latar belakang seakan terlihat lebih mewah.

1. Perhatikan kondisi cahaya sekitar

Foto portrait pakai Oppo Reno7 4G di malam hari dengan kondisi pencahayaan terang.KOMPAS.com/Bill Clinten Foto portrait pakai Oppo Reno7 4G di malam hari dengan kondisi pencahayaan terang.

Tips yang pertama tentunya Anda harus memastikan cahaya di sekeliling subyek yang ingin difoto cukup terang.

Hal ini bertujuan untuk menjadi sumber cahaya bagi subyek yang difoto, sekaligus membantu fitur Portrait untuk menerapkan efek bokeh dengan baik.

Biasanya, tempat-tempat seperti kafe, mal, pusat bisnis atau gedung perkantoran, taman, dan lain sebagainya dibekali sejumlah lampu yang sangat terang, sehingga tempat-tempat ini bisa dibilang cocok untuk lokasi pemotretan di malam hari. 

Pada gambar di atas, bisa dilihat bahwa kami memilih lokasi mal yang memiliki lampu-lampu megah. Dengan begitu, hasil foto pun bisa dilihat dengan cukup jelas dan terang.

Hasil foto portrait Oppo Reno7 4G di malam hari dengan kondisi pencahayaan kurang.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto portrait Oppo Reno7 4G di malam hari dengan kondisi pencahayaan kurang.

Nah, jika tidak memungkinkan pergi ke tempat-tempat semacam mal dan lainnya, Anda bisa mendekati lampu penerangan sekitar, seperti lampu di rumah atau lampu di pinggir jalan, demi menghasilkan foto Portrait yang baik.

Anda sejatinya juga bisa menggunakan lampu ekstra tambahan, seperti lampu senter dari ponsel, supaya hasil foto bisa dibuat seterang mungkin.

Apabila Anda tidak memotret di kondisi yang cukup terang, detail pada subyek foto juga akan turut berkurang, selain foto menjadi gelap, sebagaimana bisa dilihat pada gambar di atas.

2. Perhatikan letak obyek dan latar belakang

Hasil foto portrait malam hari pakai Oppo Reno7 4G dengan latar belakang obyek yang tidak bertabrakan dengan subyek utama.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto portrait malam hari pakai Oppo Reno7 4G dengan latar belakang obyek yang tidak bertabrakan dengan subyek utama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com