Apa Itu Blackout Challenge yang Bikin TikTok Digugat?

Kompas.com - 12/07/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Dua orang tua di Amerika Serikat dikabarkan tengah melayangkan gugatan ke TikTok lantaran kasus kematian anaknya, yang berhubungan dengan konten video Blackout Challenge.

Pada akhir Juni lalu, masing-masing orang tua dari Lalani Walton (8) dan Arriani Arroyo (9) mengajukan gugatan pada perusahaan TikTok di pengadilan tinggi California, Amerika Serikat.

Baca juga: TikTok Dituntut Gara-gara Tantangan Berbahaya Blackout Challenge

Dalam gugatannya, mereka mengadu jika dua anak tersebut harus meregang nyawa setelah melakukan sebuah tindakan berbahaya, yang disinyalir terjadi akibat mengikuti konten video Blackout Challenge di TikTok.

Secara kronologis, Lalani dan Arriani sama-sama ditemukan tewas setelah melakukan tindakan gantung diri dengan menggunakan tali. Tindakan tersebut bukan dilatarbelakangi oleh gangguan mental.

Pada kasus Lalani, pihak kepolisian diceritakan telah memeriksa ponsel dan tablet miliknya, lalu menginformasikan bahwa Lalani tidak sedang melakukan tindakan atau upaya bunuh diri.

Dari pemeriksaan itu, polisi menemukan bahwa Lalani berulang kali telah menonton dan mencoba sendiri tindakan yang ditampilkan pada video Blackout Challenge. Melihat kasus kematian ini, lantas sebenarnya apa itu Blackout Challenge?

Apa itu Blackout Challenge?

Di beberapa platform media sosial, khususnya untuk berbagi video, umum terdapat konten dengan beberapa tema tertentu, salah satu di antaranya adalah “Challenge” atau tantangan.

Konten “Challenge” biasanya berupa video yang mengajak penonton atau pengguna lain agar melakukan tantangan serupa dari sang kreator. Ada berbagai tantangan yang telah dibuat untuk jadi konten sejauh ini, termasuk Blackout Challenge.

Dikutip dari Women’s Health, Blackout Challenge sejatinya bukanlah konten video yang baru. Konten video Blackout Challenge telah lama beredar di medsos sejak 2008. Kemudian, konten ini kembali populer lewat TikTok pada 2021.

Blackout Challenge sendiri tergolong sebagai konten yang membahayakan. Seperti namanya, Blackout Challenge adalah video dengan konten tantangan menahan nafas selama beberapa detik hingga pingsan atau tak sadar diri (blackout) karena kekurangan oksigen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.