Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Dituntut Gara-gara Tantangan Berbahaya "Blackout Challenge"

Kompas.com - Diperbarui 11/07/2022, 07:52 WIB

KOMPAS.com - TikTok kembali digugat. Kali ini, gugatan dilayangkan oleh tiga orang tua yang anaknya meninggal dunia akibat melakukan "Blackout Challenge".

Blackout Challenge atau disebut juga sebagai "tantangan tersedak" atau "tantangan pingsan" adalah sebuah tantangan yang mendorong pengguna TikTok untuk menahan napas hingga pingsan karena kekurangan oksigen.

Masalahnya, tujuh orang anak dilaporkan ikut melakukan Blackout Challenge di TikTok dan berakhir nahas. Nah, tiga orang tua dari 7 anak tersebut akhirnya melayangkan gugatan kepada TikTok.

Gugatan pertama berasal dari Tawainna Anderson, ibu dari Nylah Anderson yang berusia 10 tahun.

Baca juga: Apa Itu Accent Challenge yang Ramai di TikTok?

Pada Desember 2021, Nylah mencoba ikut Blackout Challenge menggunakan hanger di dalam lemari. Nahas, Nylah pun benar-benar kehilangan kesadaran. Ketika dibawa ke rumah sakit, dia tidak dapat diselematkan.

Analisis forensik dari ponsel Nylah menunjukkan bahwa dia menonton video Blackout Challenge di TikTok, sebelum dia meninggal. Ini mengindikasikan bahwa percobaan yang dilakukan Nylah itu kemungkinan besar adalah karena ingin mengikuti Blackout Challenge.

Ibu Nylah, Tawainna melayangkan gugatan kepada TikTok pada Mei 2022.

Gugatannya mengeklaim bahwa TikTok "memrogram anak-anak demi keuntungan perusahaan dan mempromosikan kecanduan," sementara menjadi "aplikasi pemangsa dan manipulatif" yang mendorong "tantangan yang sangat berbahaya dan tidak dapat diterima".

Baca juga: Begini Cara TikTok Menangkal Challenge Berbahaya

Gugatan lain terkait Blackout Challenge diajukan pada Juli 2022 ini. Dua gugatan baru kepada TikTok dilayangkan oleh orang tua Lalani Erika Walton (8) dan Arriani Jaileen Arroyo (9).

Kedua anak itu ditemukan gantung diri, tersedak sampai meninggal dunia setelah mencoba tantangan tersebut. Sama seperti Nylah, polisi menemukan Lalani telah menonton video Blackout Challenge di TikTok melalui gadget miliknya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.