Google Kurangi Jumlah Perekrutan Karyawan Baru

Kompas.com - Diperbarui 14/07/2022, 08:45 WIB

KOMPAS.com - Setelah Microsoft, Nvidia, Intel, Meta, kini giliran Google yang ikut masuk dalam daftar perusahaan teknologi raksasa, yang mengurangi perekrutan karyawan baru pada tahun ini.

Google ikutan mengurangi perekrutan karyawan baru selama sisa akhir tahun 2022 ini. Kabar itu berasal dari memo internal Google yang didapatkan oleh outlet media The Verge. Memo tersebut ditulis CEO Google, Sundar Pichai, kepada karyawan Google.

Dalam memonya, Pichai mengatakan, meski menjadi perusahaan mesin pencarian raksasa, Google tidak kebal terhadap tantangan ekonomi yang sedang melanda global. Hal inilah yang membuat Google perlu mengurangi jumlah rekrutmen karyawan baru.

Baca juga: Google Mulai Gulirkan Google Duo Versi Baru Setelah Dilebur dengan Meet

Kendati dikurangi, CEO Google itu mengatakan bahwa Google masih tetap melakukan perekrutan karyawan baru untuk posisi-posisi penting di perusahaannya.

"Untuk keseimbangan tahun 2022 dan 2023, kami akan memfokuskan perekrutan kami pada peran insinyur, teknis, dan peran penting lainnya, dan memastikan talenta hebat yang kami rekrut selaras dengan prioritas jangka panjang kami," tulis Pichai dalam memonya.

Dengan mengurangi rekrutmen karyawan baru, Sundar Pichai mengatakan bahwa perusahaan mau tak mau menghentikan pengembangan di sejumlah sektor dan mengalihkan sumber daya perusahaan ke sektor prioritas lainnya.

Sayangnya, Pichai tidak merinci sektor Google mana yang bakal lebih diprioritaskan dan sektor mana yang bakal dikorbankan.

Yang jelas, ia mengatakan bahwa ke depannya, Google harus lebih agresif baik dari sisi bisnis maupun layanannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (13/7/2022).

Memo CEO Google Sundar Pichai untuk karyawan Google dapat dibaca selengkapnya melalui tautan berikut ini

Baca juga: Google Rekrut Pegawai Khusus untuk Cari Sepeda Hilang

Sebelum Google, Meta yang merupakan perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram, sudah lebih dulu mengumumkan pemangkasan target rekrutmen engineer baru hingga sekitar 30 persen untuk tahun ini.

Halaman:
Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.