Kompas.com - 14/07/2022, 15:30 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Microsoft menyematkan fitur update otomatis di sistem operasi Windows besutannya, salah satunya Windows 10. Hal ini dilakukan untuk menjamin sistem keamanan dalam OS Windows milik pengguna bisa tetap aman.

Namun, fitur update otomatis tersebut terkadang menganggu pengguna. Sebab, fitur update otomatis di Windows 10 bisa berjalan kapan saja tanpa kita duga.

Apabila koneksi internet yang digunakan berasal dari ponsel (via tethering), misalnya, maka update otomatis ini tentunya bisa menguras kuota pengguna tanpa disadari.

Selain itu, fitur update secara berkala ini biasanya juga "memaksa" pengguna untuk me-restart komputer. Saat di-restart, komputer biasanya butuh waktu lebih lama untuk menyala kembali. 

Baca juga: Cara Reset Windows 11 ke Pengaturan Pabrik, Ada 2 Mode

Nah, pengguna juga bisa mematikan fitur update otomatis di Windows 10 ini.

Ada dua cara mematikan update Windows 10 yang bisa dilakukan, yakni menangguhkan update otomatis Windows 10 untuk sementara dan mematikan update otomatis Windows 10 secara permanen. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Cara menunda update otomatis di Windows 10

Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10.

  • Pertama-tama, klik menu "Start" kemudian masuk ke menu pengaturan (Settings) dengan mengeklik ikon yang menyerupai "gir". Anda juga bisa mengetikkan kata kunci (keyword) "Settings" di kolom pencarian yang berada di sebelah tombol Start.
  • Kemudian tekan tombol "Enter".
  • Nantinya, Anda akan disodori dengan berbagai menu pengaturan komputer. Di sini, pilih menu "Update & Security".
  • Pada halaman selanjutnya, pilih menu "Windows Update" di deretan menu yang terpampang di sebelah kiri.
  • Lalu, pilih menu "Advanced options" di tampilan sebelah kanan, sebagaimana tampak pada gambar di sebelah kanan di atas.

Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mematikan fitur automatic updates di Windows 10.

  • Nah, di halaman selanjutnya, Anda bisa mematikan beberapa opsi yang tersedia, seperti "Receive updates for other..." dan "Download updates over...", dengan cara mengeklik kedua tombol tersebut menjadi "Off".
  • Kemudian, Anda juga perlu menentukan sampai kapan fitur automatic updates akan ditangguhkan lewat menu drop-down "Select date" yang ditandai di gambar di atas.

Perlu dicatat, jika Anda menggunakan cara ini, Anda hanya bisa mematikan fitur automatic updates di Windows 10 ini selama 35 hari saja.

Setelah lewat dari tenggat waktu tersebut, maka Anda diwajibkan untuk memperbarui komputer Anda, sebelum Anda bisa menonaktifkan fitur automatic updates kembali.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi WiFi Sering Terputus di Windows 10

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.