Link Download Foto Galaxy Teleskop Angkasa James Webb untuk Wallpaper HP dan Laptop

Kompas.com - Diperbarui 14/07/2022, 09:42 WIB

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah merilis foto-foto penampakan antariksa, hasil jepretan James Webb Space Telescope (Teleskop Angkasa James Webb).

Ini adalah deretan foto yang dihasilkan Teleskop Angkasa James Webb untuk pertama kalinya, setelah menggantikan peran Hubble sebagai teleskop NASA selama puluhan tahun terakhir.

Teleskop Angkasa James Webb yang dirancang sejak 2004 lalu, mulai mengangkasa pada 25 Desember 2021. Sebulan kemudian, Webb mencapai titik pengamatannya di luar angkasa, yakni di L2 yang berjarak 1 juta mil dari Bumi.

Baca juga: Viral Picture NASA Took on My Birthday, Ini Link dan Cara Download Foto Kosmos yang Dipotret Berdasarkan Hari Lahir

Setelah kurang lebih enam bulan berada di antariksa, NASA akhirnya memamerkan foto yang diklaim sebagai "gambar infrared terdalam dan tertajam dari alam semesta yang jauh" hingga saat ini.

Menariknya, foto-foto bewarna ini memiliki resolusi yang tinggi. Sehingga, cukup menarik bila dijadikan sebagia latar belakang atau wallpaper gadget, seperti di laptop atau smartphone.

Dikutip dari Gizmodo, ilmuwan program Webb di markas besar NASA Eric Smith di Washington mengatakan peluncuran gambar berwarna dari Webb akan memberikan momen dan pengalaman yang unik bagi semua orang.

“Peluncuran gambar penuh warna dari Teleskop Angkasa James Webb akan menawarkan momen unik bagi kita semua untuk berhenti dan mengagumi pemandangan yang belum pernah dilihat manusia sebelumnya,” jelas Eric.

Baca juga: Mengenal Facebook Mobility, Google Traffic, dan Night Light NASA yang Dipakai Memantau Mobilitas Warga Selama PPKM Darurat

Secara sains, tujuan utama Teleskop Angkasa James Webb adalah ingin mempelajari kelahiran bintang-bintang baru.

Adanya kemuculan sistem planet mempermudah peneliti mempelajari evolusi galaksi dan objek lokal seperti exoplanet (planet di luar tata surya) atau menyelidiki sumber cahaya pertama di alam semesta.

Foto Galaxy NASA menggunakan Teleskop James Webb (Sumber: NASA)NASA Foto Galaxy NASA menggunakan Teleskop James Webb (Sumber: NASA)
Salah satu gambar ciamik yang berhasil ditangkap oleh Teleskop Angkasa James Webb diberi nama Tebing Kosmik. Gambar ini menampilkan pemandangan lanskap layaknya penggunungan dan lembah yang memiliki bintik-bintik dan bintang yang berkilauan.

Halaman:
Sumber NASA


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.