Cara Download dan Instal iOS 16 Beta serta Daftar iPhone yang Mendukung

Kompas.com - 14/07/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com- Apple telah mengenalkan sistem operasi iPhone terbaru, iOS 16, ke publik sejak sekitar awal Juni lalu pada pagelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022.

Setelah diumumkan, iOS 16 tak lantas langsung dibagikan ke pengguna umum atau publik.
Seperti pada proses peluncuran iOS yang sudah-sudah, sebelum iOS 16 versi final dirilis, Apple bakal menggelontorkan dulu versi beta-nya dalam beberapa tahap.

Baca juga: Mengapa Perlu Meletakkan iPhone dengan Posisi Layar Menghadap Bawah?

Biasanya, iOS versi beta (iOS beta) pertama kali dirilis khusus untuk para pengembang saja. Tujuannya supaya pengembang bisa membantu proses penyempurnaan sistem operasi, sebelum nanti secara final bisa layak dipakai oleh pengguna publik.

Melalui iOS beta, pengembang bisa melaporkan masalah atau bug di sistem operasi ke Apple untuk diperbaiki. Setelah iOS beta digelontorkan secara khusus ke pengembang, umumnya iOS beta bakal dirilis juga ke publik.

Dalam perkembangannya, Apple baru-baru ini telah merilis iOS 16 beta untuk pengguna umum. Dengan demikian, Anda pun kini bisa turut menjajal fitur-fitur terbaru dari iOS 16 lewat versi beta.

Layaknya seorang pengembang, Anda juga bisa memberikan tinjauan atau masukkan ke Apple atas pengalaman saat menjajal iOS 16 beta. Bila tertarik untuk menjajal iOS 16 beta, silakan simak langkahnya di bawah ini.

Cara instal iOS 16 beta

Download iOS 16 beta

  • Langkah awal sebelum menginstal, Anda perlu mengunduh atau download dulu profil konfigurasi penggunaan iOS 16 beta. Caranya, silakan kunjungi link download iOS 16 beta ini https://beta.apple.com/sp/betaprogram, lewat browser Safari di iPhone.
  • Selanjutnya, daftarkan Apple ID milik Anda untuk bergabung dalam Apple Beta Software Program.
  • Setelah terdaftar dan login ke situs web Apple Beta Software Program, klik menu “Enroll Your Device” dan pilih opsi “iOS”.
  • Kemudian, pada bagian “Install Profile” di menu “Enroll Your Device”, klik opsi “Download Profile”.
  • Silakan izinkan iPhone untuk mengunduh profil konfigurasi penggunaan iOS 16 beta.

Ilustrasi cara download iOS 16 beta dari Apple Beta Software Program.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara download iOS 16 beta dari Apple Beta Software Program.

Baca juga: 10 Fitur Baru iOS 16, Bisa Modifikasi Lock Screen hingga Mengedit Pesan yang Telah Terkirim

Instal iOS 16 beta

  • Setelah pengunduhan profil konfigurasi selesai, bukalah menu “Pengaturan” di iPhone.
  • Kemudian, bakal muncul opsi baru “Perlu Diunduh”.
  • Buka opsi tersebut dan klik opsi “Instal” pada profil konfigurasi yang telah diunduh sebelumnya dari situs web Apple Beta Software Program.
    Ilustrasi cara instal iOS 16 beta.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara instal iOS 16 beta.
  • Selanjutnya, iPhone bakal memulai proses memuat ulang (restart) untuk memasang profil konfigurasi penggunaan iOS 16 beta.
  • Bila restart telah selesai, bukalah kembali menu “Pengaturan” di iPhone dan pilih opsi “Umum”. Kemudian, klik opsi “Pembaruan Perangkat Lunak”.
  • Tunggu beberapa saat hingga file iOS 16 beta muncul.
  • Bila telah muncul, silakan lanjutkan proses unduh dan instal file iOS 16 beta di iPhone Anda.
    Ilustrasi cara instal iOS 16 beta.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara instal iOS 16 beta.
  • Proses pemasangan iOS 16 beta mungkin bakal membutuhkan waktu sekitar 30 menit.
  • Selama proses pemasangan berjalan, iPhone bakal dalam kondisi memuat ulang dan sebaiknya sambungkan dengan cas untuk menghindari kehabisan daya secara tiba-tiba.
  • Proses instal iOS 16 beta bakal selesai bila iPhone berhasil masuk kembali ke layar “home”.

Risiko instal iOS 16 beta

Sementara itu, penting untuk diingat, iOS 16 beta pada dasarnya merupakan sistem operasi yang masih dalam proses pengembangan. Anda mungkin bakal menjumpai beberapa bug saat menginstal iOS 16 beta di iPhone.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.