Kompas.com - 07/07/2022, 19:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - WiFi yang terputus di laptop memang cukup menghambat pekerjaan Anda. Masalahnya, terkadang WiFi yang terputus tersebut seringkali susah untuk dihubungkan kembali. Akibatnya seluruh aktivitas pengguna di Internet terkadang turut terganggu.

Umumnya terdapat beberapa penyebab WiFi yang sering terputus. Mulai dari koneksi WiFi yang memang lemah, masalah modem atau router, hingga driver yang mengalami bug.

Untuk mengatasi masalah ini berikut ini KompasTekno merangkum tiga cara mengatasi WiFi yang sering terputus di Windows 10.

Baca juga: Cara Melihat Password WiFi yang Tersimpan di HP Android

Matikan kemudian nyalakan kembali WiFi Anda

Jika komputer Windows 10 Anda terus terputus dari WiFi, matikan melalui tombol power Windows, tunggu sebentar, lalu hidupkan kembali. Hal ini berguna agar laptop dapat membuat koneksi baru ke hotspot WiFi.

Menonaktifkan Bluetooth

Terkadang koneksi ke perangkat Bluetooth dapat menyebabkan masalah yang dapat membuat koneksi WiFi terputus. Maka dari jika ikon Bluetooth menunjukkan jaringan aktif maka segera matikan. 

Batalkan unduhan apa pun di smartphone Anda

Jika komputer Anda terus terputus dari WiFi saat ditambatkan ke smartphone, mungkin ponsel Anda terlalu banyak memuat beragam aktivitas.

Hentikan pembaruan atau unduhan apa pun yang berlangsung di ponsel, dan cobalah untuk tidak menggunakannya saat Anda sendang mengakses internet di komputer Anda.

Baca juga: 5 Cara Cek Kecepatan WiFi di HP dan Laptop dengan Mudah

Periksa router Anda

Periksa router internet Anda untuk memastikan router berfungsi dengan benar dan semua lampu LED-nya menunjukkan koneksi yang kuat.

Nyalakan ulang router Anda

Anda juga bisa mencoba dengan melakukan reboot router. Cara ini juga dirasa cepat sering kali dapat memperbaiki masalah pemutusan WiFi.

Restart Windows Anda

Melakukan restart dasar dapat memperbaiki berbagai masalah yang terjadi di Windows 10. Salah satunya memperbaiki masalah terputusnya WiFi. 

Nonaktifkan VPN

VPN bisa jadi dapat mengganggu koneksi WiFi Anda. Cobalah untuk mematikan VPN dan cek kembali jaringan WiFi Anda.

Baca juga: 3 Cara Memunculkan Ikon WiFi di Laptop Windows yang Hilang

Memperbarui Windows 

Mengunduh dan menginstal pembaruan Windows 10 terbaru dapat memperbaiki berbagai bug. Selain itu dapat membuat perangkat Anda lebih aman saat mengakses internet.

Demikian cara mengatasi WiFi yang sering terputus di Windows 10. Semoga membantu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.