Cara Menambahkan Subtitle di Video YouTube untuk Semua Bahasa

Kompas.com - 08/08/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Untuk mempermudah pengguna, YouTube menyediakan fitur subtitle yang dapat menampilkan teks berupa terjemahan dari konten video yang tengah ditonton.

Layaknya subtitle yang tersedia di film, teks terjemahan tersebut akan muncul di bagian bawah video.

Dengan fitur ini, penonton dapat dengan lebih mudah memahami isi video, terutama jika video tersebut dibawakan dalam bahasa asing.

Fitur subtitle di dalam video ini bisa dikelola oleh pemilik channel YouTube. Kreator konten dapat memilih metode untuk mengunggah subtitle pada video bikinannya.

Baca juga: 10 Video Musik yang Paling Banyak Ditonton di YouTube

Untuk mengetahui cara menambahkan subtitle di YouTube, silakan simak langkah-langkah berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Senin (8/8/2022).

Cara menambahkan subtitle di video YouTube

  • Tekan ikon "Profil" di pojok kanan atas
  • Pilih opsi "YouTube Studio"
  • Klik menu "Subtitle"
  • Pilih video yang ingin ditambahkan dengan subtitle
  • Pada kolom "Subtitles", tekan tombol "Add"
  • Akan ada empat opsi yang bisa dipilih, yakni "Upload File", "Auto-sync", "Type manually", dan "Auto-translate".

Upload file subtitle

Opsi "Upload" bisa dipilih apabila Anda ingin menambahkan file subtitle di video. Untuk mengunggah subtitle, pilih opsi "With Timing" dan tekan tombol "Continue".

Kemudian tentukan file mana yang ingin diunggah. Setelah t tekan tombol "Publish" untuk mengunggah video ke channel YouTube.

Auto-sync

Opsi "Auto-sync" memungkinkan pengguna untuk dapat memasukkan subtitle dan caption pada bagian tertentu di video. Setelah subtitle dimasukkan, tekan tombol "Publish" untuk mengunggah video ke channel YouTube.

Manually

Pada opsi ini, pengguna dapat memasukkan secara manual subtitle pada detik dan menit tertentu di video.

Baca juga: Saingi TikTok, YouTube Siapkan Fitur Edit Video Jadi Shorts

Auto-translate

Untuk mengaktifkan "Auto-translate", pengguna harus menggunakan salah satu opsi dari "Upload File", "Auto-sync" dan "Type manually".

Selanjutnya, unggah file subtitle dalam bahasa asli. Sebagai contoh, ketika video tersebut menggunakan Bahasa Indonesia, maka unggah subtitle yang ditulis dalam Bahasa Indonesia.

Setelah itu, klik "Add Language" dan tambahkan bahasa lain yang Anda inginkan. Anda kini dapat memilih opsi "Auto-translate". Nantinya, subtitle akan diterjemahkan secara otomatis ke dalam bahasa yang ditentukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.