Kompas.com - 31/08/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Google Sheets atau Spreadsheet merupakan layanan pengolah angka populer milik Google yang banyak digunakan sebagai alternatif Microsoft Excel.

Dalam segi fungsional, Google Sheets memang memiliki formula atau rumus yang tak selengkap Excel. Untuk itu, Google kerap menambahkan rumus-rumus baru untuk memudahkan pengguna ketika menggunakan Spreadsheet.

Kali ini, Google meluncurkan 10 formula baru di Google Sheets, yakni sebagai berikut:

  1. Named Functions
  2. LAMBDA Function
  3. MAP Function
  4. REDUCE Function
  5. MAKEARRAY Function
  6. SCAN Function
  7. BYROW Function
  8. BYCOL Function
  9. XLOOKUP Function
  10. XMATCH Function

Baca juga: Cara Menghubungkan Google Form ke Google Sheet

Dalam sebuah postingan di blog resminya, Google mengatakan bahwa kesepuluh fungsi baru tersebut digelontorkan secara bertahap sejak 24 Agustus 2022.

Menurut Google, setidaknya dibutuhkan waktu hingga 15 hari untuk seluruh rumus baru bisa ditemukan dan digunakan oleh pengguna Spreadsheet.

Dengan kata lain, kemungkinan besar, rumus baru XLOOKUP, Named Functions, dan 8 fungsi lainnya bisa tersedia untuk pengguna paling lambat pada 6 September 2022.

Google menyebutkan bahwa 10 formula baru Spreadsheet itu tersedia untuk pengguna dengan akun Google pribadi, serta pelanggan Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Fundamentals, dan Education Plus.

Baca juga: Macam–macam Software Pengolah Angka atau Spreadsheet

Ilustrasi rumus baru Named Functions di Spreadsheet.Blog Google Ilustrasi rumus baru Named Functions di Spreadsheet.
Fungsi formula baru Spreadsheet

Salah satu rumus yang dinanti-nanti pengguna Spreadsheet adalah fungsi XLOOKUP. Fungsi ini dinilai lebih fleksibel dibandingkan fungsi VLOOKUP yang sudah tersedia di Spreadsheet.

Karena XLOOKUP memungkinkan pengguna mencari data ke kiri, dari bawah ke atas, bahkan menggunakan pencarian biner jika sedang mengolah kumpulan data yang sangat besar.

Misalnya, mencari harga komponen otomotif berdasarkan nomor komponen, atau menemukan nama karyawan berdasarkan ID karyawan mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.