Kompas.com - 05/09/2022, 16:47 WIB

KOMPAS.com - Vivo telah resmi memboyong smartphone Y series terbarunya, Vivo Y16 ke pasar Indonesia. Setelah diluncurkan beberapa hari lalu di pasar Malaysia, kini pre-order Vivo Y16 sudah dibuka di Indonesia.

Salah satu pembaruan yang dibawa Vivo Y16 adalah desain punggung ponsel yang dilapisi dengan finishing Crystalline AG Matte. Lapisan tersebut mampu membuat tampilan punggung ponsel mengkilap, tetap bersih, dan terhindari dari noda sidik jari ataupun debu.

Teknologi finishing tersebut juga dikolaborasikan dengan Vivo Dynamic Color yang membuat warna cangkang ponsel berubah warna, ketika dilihat atau diputar ke sisi yang berbeda.

Baca juga: Vivo Y16 4G Meluncur dengan Baterai 5.000 mAh, Ini Spesifikasinya

Selain desain, perangkat ini juga mengungguli kameranya, yaitu 13 MP sebagai kamera utama dan kamera makro beresolusi 2 MP. Untuk lebih lengkapnya, berikut rincian spesifikasi dari Vivo Y16.

Spesifikasi Vivo Y16

Vivo Y16 mengusung layar IPS HD Plus dengan bentang seluas 6,51 inci. Desain dari layar depan ponsel menggunakan model poni kebanyakan ponsel Android, yaitu memiliki poni seperti tetesan air (waterdrop) sebagai wadah dari kamera depan (seflie) 5 MP.

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, Vivo Y16 dibekali dua kamera yang masing-masing beresolusi 13 MP dan 2 MP. Kedua kamera disematkan ke dalam modul kamera dan diposisikan secara vertikal.

Di segi performa, ponsel ini ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P35 yang dipadankan dengan RAM 3 GB dan kapasitas media penyimpanan 32 GB. Vivo Y16 berjalan dengan sistem operasi Android 12 yang dilapisi tampilan antarmuka khas Vivo, yakni Funtouch OS12.

Baca juga: Daftar Harga HP Vivo Terbaru per Agustus 2022, Mulai Rp 1 Jutaan

Perangkat ini memiliki baterai berkapasitas 5.000mAH yang didukung pengisian daya cepat (fast charging) 10 watt. Pengisian daya dapat dilakukan melalui port USB-C yang tersedia.

Fitur yang didukung perangkat ini terdiri dari fitur pemindai sidik jari (fingerprint) bernama “Ultra Fast Side Fingerprint” yang berada di tombol daya dan sudah mengantongi sertifikat IPX3. Artinya, ponsel dapat tahan terhadap cipratan air.

Ilustrasi Vivo Y16.Vivo Ilustrasi Vivo Y16.
Adapun fitur-fitur lainnya seperti Multi Turbo 5.5, Ultra Game Mode, dan sistem pendingin (cooling system) dengan teknologi terbaru. Cooling system tersebut diklaim dapat menyeimbangkan suhu perangkat saat dipakai untuk bermain game.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Vivo Y35 4G di Indonesia

Varian warna yang dihadirkan Vivo Y16 adalah Stellar Black dan Drizzling Gold. Ponsel terbaru ini sudah bisa dipesan di situs resmi Vivo dengan banderol harga Rp 1,8 juta.

Pemesanan (pre-order) sudah dapat dilakukan per hari ini, 2 September 2022 melalui program “Selling Day”. Pemesanan perangkat selama program berlangsung akan menawarkan sejumlah benefit, seperti VIP Prime dan aksesoris Vivo seharga Rp 200.000

Sebelum melakukan pembelian perangkat, ada baiknya simak tabel spesifikasi di bawah ini untuk dijadikan sebagai perbandingan.

Harga Vivo Y16

Spesifikasi Vivo Y16
Dimensi dan bobot 163.95×75.55×8.19 mm, bobot 184 gram
Layar

6,51 inci, LCD IPS, resolusi HD Plus (1600×720 piksel)

Chipset MediaTek Helio P35 (octa-core 2.3GHz)
RAM dan penyimpanan RAM 3 GB/32 GB
SIM dan microSD Tripple slot (2 nano SIM + 1 microSD)
Kamera depan 5 MP
Kamera belakang 13 MP kamera utama dan 2 MP lensa makro
Sistem operasi Android 12, UI Funtouch OS12
Baterai 5.000mAH (fast charging 10 watt)
Fitur lain Fingerprint, memiliki sertifikat IPX3, Multi Turbo 5.5, Ultra Game Mode, dan Cooling System
Warna Stellar Black dan Drizzling Gold
Harga Rp 1.799.000
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.